Sukses

Cara Cek Nomor Smartfren, Mudah dan Gratis!

Cara cek nomor Smartfren ini tidak membutuhkan waktu lama.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan alat telekomunikasi saat ini semakin tak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir setiap orang memiliki ponsel untuk berkomunikasi. Namun, untuk menunjang aktivitas komunikasi tak cukup hanya dengan mempunyai ponsel saja.

Nomor ponsel juga perlu dipasang untuk memfasilitasi jaringan telekomunikasi. Saat ini sudah banyak penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia. Provider atau operator seluler ini berlomba-lomba memberi layanan prima bagi para pelanggannya. Salah satu operator seluler yang cukup terkenal di Indonesia adalah Smartfren.

Tak jarang seseorang memiliki lebih dari satu nomor ponsel. Nomor-nomor ini biasanya digunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya nomor yang hanya digunakan untuk keperluan bisnis, pekerjaan, atau nomor yang hanya khusus untuk internetan atau menelepon.

Hadirnya ponsel dengan fasilitas dual sim bahkan lebih semakin mempermudah seseorang untuk memilki lebih dari satu nomor ponsel. Pastinya memiliki lebih dari satu nomor dapat mempermudah Anda dalam berkomunikasi sesuai kebuthan.

Namun, dengan banyaknya nomor yang dimiliki terkadang Anda sulit untuk mengingat nomor ponsel Anda sendiri. Apalagi jika Anda sering gonta ganti nomor. Nah, jika Anda merupakan pengguna operator seluler Smartfren dan Anda belum sempat mencatat dan mengingat nomor Smartfren Anda, ada beberapa cara cek nomor Smartfren.

Smartfren memberikan beberapa pilihan cara cek nomor Smartfren. Cara ini mudah dan pastinya gratis untuk Anda para pengguna Smartfren. Berikut cara cek nomor Smartfren yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Menu Dial Up

Cara cek nomor Smartfren yang paling mudah adalah dengan menekan tombol dial up pada ponsel Anda. Tombol yang ditekan berupa kombinasi antara bintang, angka, dan pagar.

Anda cukup menuju ke menu panggilan atau dial up lalu tekan *995# lalu tekan Call. Setelah itu akan muncul kotak dialog yang menampilkan layanan Smartfren lalu pilih menu ‘Info’ kemudian tekan OK.

Setelah itu akan muncul informasi nomor Smartfren Anda. Anda dapat mencatatnya pada kertas, ponsel lain, atau menscreenshootnya.

3 dari 7 halaman

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui SMS

Cara cek nomor Smartfren yang kedua adalah melalui SMS. Anda cukup membuka menu sms pada ponsel dan mengetikkan ‘INFO’ pada kolom SMS kemudian kirim pesan tersebut ke nomor 995.

Beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS berupa informasi nomor Smartfren Anda. Jangan khawatir, layanan SMS ini gratis lho!

 

4 dari 7 halaman

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Call Center

Cara cek nomor Smartfren selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service yang disediakan oleh call center Smartfren. Untuk menghubungi customer service smartfreen Anda hanya perlu menekan nomor 995 pada dial up ponsel. Kemudian Anda akan dilayani oleh customer service yang bertugas.

Anda dapat menanyakan langsung informasi mengenai nomor Smartfren Anda dan mencatat nomor yang di informasikan oleh customer service tersebut.

5 dari 7 halaman

Cara Cek Nomor Smartfren Melalui Aplikasi MySmartfren

Cara yang terakhir untuk mengetahui nomor Smartfren Anda adalah dengan melalui Aplikasi MySmartfren. Aplikasi ini dapat diunduh gratis oleh pelanggan Smartfren di Play Store atau App Store.

Cara cek nomor Smartfren menggunakan aplikasi ini adalah dengan mengunduh dan menginstalnya di ponsel Anda. Kemudian lakukan registrasi dengan mengikuti panduan yang ada pada aplikasi tersebut.

Pastikan mengisi data yang diminta dengan benar. Setelah proses registrasi selesai. Nomor Smartfren Anda akan tertera pada halaman utama aplikasi MySmartfren.

6 dari 7 halaman

Keunggulan Smartfren

Smartfren merupakan salah satu provider seluler terkenal di Indonesia. Mengawali layanannya dengan jaringan CDMA. Smartfren menjelma sebagai provider seluler yang memiliki banyak pelanggan di Indonesia.

Sejak 2014 silam Smartfren sudah secara penuh menyediakan layanan LTE atau 4G untuk memanjakan pelanggannya.

Jaringan yang disediakan Smartfren bahkan sudah tidak lagi 2G, 3G, atau 3G Plus melainkan hanya LTE 4G dan 4G+ di 200 kota di Indonesia. Dengan begitu kecepatan Internet Smartfren sudah tak diragukan lagi.

 

7 dari 7 halaman

Kecepatan Internet Smartfren

Kecepatan jaringan LTE 4G dan 4G+ Smartfren pun tak main-main. Mengutip data yang dimuat laman aplikasi penyedia deteksi kecepatan internet nPerf, operator seluler milik Sinar Mas Group ini diklaim menjadi operator dengan kecepatan internet paling ngebut.

Hal ini didasarkan pengujian sebanyak 319 ribu kali antara awal Januari hingga akhir Juni 2018 lewat aplikasi nPerf.

Menurut laporan nPerf, Smartfren dinyatakan unggul dalam kecepatan internet di beberapa kategori. Meski begitu, operator telekomunikasi lainnya juga ada yang unggul di berbagai kategori.

Misalnya saja, untuk kecepatan download di jaringan 2G/3G/4G, internet Smartfren dinyatakan paling ngebut dengan kecepatan rata-rata 13,94Mbps.

Selanjutnya disusul oleh Telkomsel dengan kecepatan rata-rata 6,27Mbps, Bolt dengan kecepatan rata-rata 5,85Mbps, XL dengan kecepatan rata-rata 5,41Mbps, Indosat Ooredoo 2,82Mbps, dan Tri dengan kecepatan rata-rata 2,75Mbps.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.