Sukses

LIVE STREAMING:PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI & WAPRES MA'RUF AMIN

Emoji Baru Tahun Ini Lebih Fokus untuk Difabel

Liputan6.com, Jakarta - Kumpulan emoji baru dipastikan siap menyambangi pengguna perangkat mobile termasuk PC pada tahun ini.

Hal tersebut dipastikan setelah Unicode Consortium menetapkan 59 emoji baru sebagai standar untuk 2019.

Sekadar informasi, Unicode Consortium merupakan badan yang bertanggung jawab untuk menetapkan emoji yang diluncurkan untuk semua platform. Untuk tahun ini, kebanyakan emoji yang ditampilkan bertema inklusif.

Oleh sebab itu, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (6/2/2019), emoji ini menampilkan para difabel, mulai dari tuna rungu, tuna netra, orang yang ada di kursi roda, serta orang-orang dengan anggota tubuh palsu.

Lewat pembaruan ini pula, pengguna dapat memilih gender dan warna kulit dari emoji berpasangan. Sebelumnya, emoji pasangan terbatas untuk seseorang dengan warna kulit yang sama dan heteroseksual.

Karenanya dengan pembaruan ini, pengguna dapat membuat emoji pasangan dengan gender yang sama dan warna kulit berbeda. Dengan cara itu, pengguna dapat membuat kombinasi 230 emoji berbeda. 

Rencananya, Unicode akan menggulirkan emoji baru ini secara online pada 5 Maret. Kendati demikian, adopsi emoji anyar ini di masing-masing platform dapat berbeda-beda.

2 dari 3 halaman

Emoji Baru 2019 Bakal Bawa Kehidupan Difabel

Sekadar informasi, kumpulan emoji anyar tersebut sebelumnya sudah dibahas sejak tahun lalu.

Emoji kali ini mengusung tema kehidupan difabel, mulai dari emoji orang tuli, emoji telinga dengan alat bantu dengar, emoji kursi roda, emoji anjing pelacak, dan masih banyak lagi. 

Tak cuma difabel, emoji baru ini juga akan menitikberatkan ke tema keberagaman dan kesetaraan gender, seperti emoji pasangan dengan warna kulit berbeda. 

Adapun emoji lain yang tak kalah menariknya seperti beberapa objek dan ekspresi unik, seperti emoji orang mengantuk, emoji sepatu balet, emoji berang-berang, dan beberapa lainnya. 

Walau meluncur di tahun depan, emoji ini masih akan memasuki tahap seleksi lagi dalam Unicode 12. Tahap seleksi diketahui akan berlangsung pada September 2018.

3 dari 3 halaman

iOS 12.1 Gulirkan 70 Emoji Baru, Apa Saja?

Sebelumnya, iOS 12, baru saja mendapatkan pembaruan. Pembaruan versi iOS 12.1 ini membawa beberapa perubahan kecil, salah satunya adalah kehadiran 70 jenis emoji baru.

Seperti dilansir BGR, Minggu (7/10/2018), nantinya akan ada lebih dari 70 karakter emoji yang bakal meramaikan iOS 12.1.

Jadi, pengguna iPhone dan iPad yang sudah memperbarui sistem operasinya dapat menjajal deretan emoji anyar ini. Tak cuma itu, emoji baru ini nanti juga akan tersedia di sistem operasi macOS dan watchOS.

Adapun 70 jenis emoji baru tersebut hadir dalam desain baru dan unik. Mulai dari emoji kepala botak, orang kasmaran, sepatu hiking, moon cake, termasuk beberapa hewan seperti rakun, angsa, llama, dan nyamuk.

"Kini, ratusan emoji sudah tersedia lengkap di iOS, watchOS, dan macOS, termasuk emoji smiley, kesetaraan gender, busana, makanan dan minuman, hewan, makhluk mistis," ujar Apple.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pakai Emoji dalam Chat Bantu Kamu Mendapatkan Pasangan, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Arti 6 Emoji Ini Ternyata Berkaitan dengan Seks, Nomor 4 Bikin Kaget