Sukses

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Dipahami Untuk Pemula

Cocok untuk kamu yang ingin membuat website untuk online shop.

Liputan6.com, Jakarta Kamu ingin memiliki sebuah website sendiri tapi bingung untuk memuat website? Tak usah khawatir, saat ini banyak cara untuk membuat sebuah website yang mudah dipahami untuk kamu pengguna awal atau pemula.

Website ataupun situs web sendiri merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan, yang pada umumnya berada sebuah sistem komputer yang terkoneksi jaringan internet dan berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh seseorang, kelompok atau pun lembaga dan organisasi.

Saat ini perkembangan website sendiri sangat pesat. Terutama pada website yang disediakan untuk jual beli online ataupun e-commerce.

Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada di Indonesia. Karena semakin mudah seseorang mengakses internet, maka semakin mudah pula sesuatu bisa kita dapatkan dari internet tersebut.

Salah satunya kita bisa membeli suatu barang dari sebuah situs web di sebuah toko tanpa perlu mendatangi toko tersebut.

Cara membuat website gratis pun semakin mudah diapatkan, sehingga perkembangan website dapat terus meningkat.

Namun sebuah website pun dapat berisi sebuah informasi yang bisa kita dapatkan dari suatu lembaga ataupun seseorang. Kalian juga bisa memberikan informasi melalui sebuah website, yang tentu saja harus dengan website kamu sendiri.

Saat ini juga sudah banyak tersedia mengenai website gratis yang bisa kamu gunakan. Banyak pula cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula.

Sebelum kamu mengetahui cara membuat website gratis, kamu sebaiknya paham langkah-langkah dalam membuat website.

Berikut ini langkah-langkah cara membuat website gratis yang mudah dipahami untuk pemula, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com, Senin (4/2/2019) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pilih Platform Website

Sebelum kamu melanjutkan cara membuat website, sebaiknya kamu pilih dulu platform yang akan kamu gunakan.

Memilih sebuah platform sendiri bisa kamu pilih apakah ingin menggunakan aplikasi yang sudah ada atau membuatnya dari awal.

Namun cara membuat website gratis yang mudah yaitu dengan menggunakan platform yang telah tersedia.

Saat ini juga telah banyak platform gratis yang membantu kamu untuk membuat website gratis. Beberapa platform gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat website gratis antara lain Wordpress, Drupal, Joomla!, wixsite dan lain sebagainya. Namun yang paling banyak digunakan ialah platform dari wordpress.

Wordpress dianggap sangat cocok digunakan bagi pemula yang ingin membuat sebuah website pribadi. Hal ini dikarenakan platform yang dibuat oleh wordpress ini benar-benar gratis, baik itu saat mengunduh, menginstall ataupun saat kamu akan memodifikasinya.

Selain itu, platform dari wordpress ini bisa kamu gunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga.

3 dari 4 halaman

2. Buat alamat email melalui domain dan hosting

Langkah selanjutnya dalam cara membuat website gratis ialah kamu harus memilih nama domain dan juga hosting yang sesuai dan mudah untuk diingat.

Nama domain sendiri ialah nama website yang akan kamu buat. Namun untuk membuat domain ini kamu akan dikenakan biaya.

Tapi tak perlu khawatir, karena biaya yang akan kamu keluarkan tidak perlu untuk merogoh kocek dalam-dalam. Biaya rata-rata untuk membuat domain ini hanya sekitar Rp 100 ribu saja untuk satu tahun masa aktif.

Kamu bisa membeli domain di web-web yang telah disediakan. Ada juga beberpa tempat penjualan domain ini yang akan menggratiskan domain apabila kamu membeli hosting seperti .com, .org, serta .net.

Setelah mendapatkan domain, nantinya kamu akan mendapatkan email tersendiri. Email yang digunakan pun berbeda dengan email dari Gmail.

Ada beberapa cara untuk kamu memberi nama domain untuk website. Jika kamu akan menggunakan website untuk kepentingan pribadi, kamu bisa menggunakan nama kamu.

Dan jika ingin digunakan untuk perusahaan atau toko online yang kamu miliki, usahakan menggunakan nama toko tersebut sebagai nama domain. Hal ini nantinya akan memudahkan kamu ataupun pelanggan dalam pengecekannya.

 

4 dari 4 halaman

3. Instalasi dan modifikasi

Setelah kamu memilih platform dan juga nama domain dan hosting, langkah selanjutnya cara membuat website gratis ialah menginstall dan memodifikasi.

Untuk menginstall suatu aplikasi sangatlah mudah, karena saat ini banyak sekali hosting yang menggunakan one click installation untuk memudahkan pengguna baru.

Cara menginstall yang mudah pada platform ialah sebagai berikut:

1. Masuk dalam hosting account

2. Carilah tombol control panel

3. Klik pilihan softculous Apps Installer dan pilih wordpress

4. Kemudian klik install

5. Setelah itu akan muncul halaman software setup, kamu diharuskan menghapus kata yang berada di kolom In Directory untuk menginstall langsung pada website kamu.

6. Klik install kembali dan tunggu hingga proses penginstalan selesai.

7. Setelah proses penginstalan selesai maka website kamu sudah bisa digunakan.

8. Setelah bisa menggunakan website kamu sendiri, tentunya tampilan pada website masih sangat kosong, sehingga kamu perlu untuk memodifikasi tampilan pada website.

Kamu bisa memilih tampilan website sesuai dengan template yang telah tersedia. Kamu juga bisa membuat konten dengan page dan post.

Page ini fasilitas yang sudah disediakan oleh platform untuk menulis artikel ataupun kontak. Halaman page di sini pun termasuk statis, yaitu yang tidak diperbarui secara berkala. Sedangkan post sendiri dibuat untuk menulis sebuah artikel berdasarkan tanggal.

Selain itu kamu juga bisa mengatur website kamu sendiri. Kamu bisa memilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan.

Halaman utama pada website juga tergantung template seperti apa yang kamu pilih sebelumnya. Tapi kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama.

Jadi, selamat bereksplorasi dalam membuat website sendiri ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini