Sukses

Tak Perlu Buku Resep, 4 Aplikasi Masak Ini Bikin Kamu Jago di Dapur

Liputan6.com, Jakarta Dunia digital semakin berkembang pesat. Apapun dapat dilakukan dengan teknologi yang semakin modern. Kamu dapat mengakses segala yang dibutuhkan dengan teknologi saat ini. Untuk olahraga misalnya, kegiatan ini dapat ditunjang dengan aplikasi yang dapat menghitung langkahmu saat jogging di pagi hari. 

Semua begitu mudah, tak terkecuali soal makanan. Jika teknologi modern saat ini dapat membuatmu memesan makanan tanpa harus datang ke restoran, kamu juga bisa memasak makanan favoritmu sendiri lewat resep yang kamu dapatkan di ponsel pintarmu.

Jika dulu para ibu dan nenek kita mengandalkan buku atau tabloid resep masakan, maka saat ini kamu tak membutuhkannya lagi. Hanya dengan bantuan aplikasi di ponselmu, kamu dapat menemukan banyak resep masakan baik itu masakan lokal maupun masakan luar.

Aplikasi ini dapat kamu download gratis di ponsel android atau iOS milikmu. Berikut 4 aplikasi resep masakan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/2/2019).

2 dari 5 halaman

CookPad

CookPad merupakan aplikasi memasak yang telah didukung ke dalam bahasa Indonesia saat ini. Cookpad versi Bahasa Indonesia saat ini memiliki lebih dari 120 ribu resep masakan rumahan.

Bagi yang gemar memasak, kamu juga bisa menulis resep masakan sendiri, termasuk menu favoritmu. Nantinya, resep buatan kamu bisa menjadi sontekan pengguna lain yang ingin mempraktikkannya.

Aplikasi ini memiliki empat fitur utama antara lain Resep, Cookmark, Recook, dan Statistik. Untuk Resep, berisi resep masakan yang kamu buat di Cookpad.

Sedangkan Cookmark adalah tempat penyimpanan resep dari penulis favorit. kamu bisa menyimpannya dengan memberi Cookmark yang terletak di bagian bawah resep.

Fitur Recook digunakan jika ingin menunjukkan apresiasi kepada penulis resep yang sudah menginspirasi kamu. Terakhir, kamu bisa melihat statistik perkembangan resep seperti berapa kali dikunjungi, cookmark, dicetak, dan recook.

Kamu bisa mendownload secara gratis aplikasi ini melalui ponsel Android atau iOSmu. Cara penggunaan aplikasi juga cukup mudah. Setelah selesai mendownload, kamu bisa mendaftarkan email, kemudian mulailah menjelajahi aneka resep yang ada di dalamnya.

3 dari 5 halaman

Masak Apa

Kamu pasti pernah berpikir mau masak apa hari ini. Memang kadang justru memilih menu makanan dapat membuat bingung. Kendati demikian, aplikasi Masak Apa memudahkan penggunanya menemukan resep-resep makanan.

Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Google Play. Aplikasi besutan PT Agranet Multicitra Siberkom ini menghadirkan banyak resep dan tips masak harian, termasuk untuk berbuka puasa.

Pengguna juga bisa menyimpan resep-resep tersebut dan mengaksesnya kembali meski dalam kondisi internet offline. Untuk memudahkan pencarian resep favorit, pengguna bisa memilih pada tombol pencarian di navigasi.

Caranya hanya tinggal mengetikkan nama resep yang ingin dicoba. Salah satu hal menyenangkan dari aplikasi Masak Apa, adalah aplikasi selalu menghadirkan resep baru tiap harinya yang bisa menginspirasi pengguna untuk mencobanya.

4 dari 5 halaman

Resepedia

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menemukan resep masakan adalah Resepedia. Aplikasi ini merupakan buku panduan resep makanan yang dilengkapi gambar berkualitas HD dan cara membuatnya.

Aplikasi ini bisa menghadirkan informasi resep masakan dan memasak dengan mudah tanpa perlu takut gagal. Aplikasi ini tersedia di Google Play dan bisa didownload secara gratis.

Pilihan resep makanan yang dihadirkan adalah makanan-makanan asli Indonesia. Aplikasi Resepedia juga bisa berjalan dengan atau tanpa koneksi internet sekalipun sehingga memudahkan untuk memasak dalam kondisi internet lemot.

Adapun beberapa fitur utama Resepedia antara lain adalah tampilan menarik yang support untuk perangkat tablet dan mode lanskap, gambar berkualitas HD, kategori masakan yang tersusun rapi, fitur pencarian resep masakan, detail resep dengan jumlah porsi, serta bisa dipakai dengan atau koneksi internet.

5 dari 5 halaman

ResepKoki

ResepKoki merupakan aplikasi mobile yang menampilkan info resep makanan khas Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan rintisan (startup) bernama SND Studio.

Semua resep yang ada pada aplikasi ini berasal dari juru masak Indonesia dan sudah teruji. ResepKoki didedikasikan untuk kamu yang hobi masak ataupun yang sedang belajar masak, agar lebih mudah melihat resep makanan lewat ponsel.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kamu tidak perlu repot mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Saat pertama kali membuka aplikasi, akan muncul menu resep berdasarkan kategori jenis makanan.

Saat mengklik salah satu kategori jenis makanan, aplikasi akan menampilkan sejumlah resep, lengkap dengan foto makanannya serta bahan dan cara membuatnya pada tab 'Resep' dan 'Instruksi'.

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online