Sukses

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Mudah dan Praktis, Tak Perlu Panik Lagi

Liputan6.com, Jakarta HP merupakan salah satu benda penting abad ini. Tak hanya untuk berkomunikasi, HP juga telah berubah sebagai alat yang dapat mempermudah aktivitas seseorang. Aktivitas tersebut misalnya adalah mencari jalan di Maps, memesan transportasi online, bertransaksi, dan masih banyak lagi.

Kehilangan HP merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang. Buktinya banyak orang yang panik ketika kehilangan HP. Apalah kamu salah satunya? Apalagi jika ada data dan keperluan penting didalamnya.

Jika kejadian buruk ini menimpamu, kamu mungkin tak akan mengikhlaskan begitu saja HPmu yang hilang.

Sebenarnya ada beberapa cara melacak HP yang hilang. Dengan teknologi yang canggih sekarang kamu bisa mengetahui dimana keberadaan HPmu. Bahkan dari jarak jauh kamu bisa melacaknya, mengunci layar, dan menghapus data yang ada.

Namun syaratnya, HPmu yang hilang tetap dalam keadaan menyala dan terkoneksi dengan Internet. Kasus ini tentunya mudah jika kamu melacak HP yang masih terhubung internet, namun akan sulit jika kamu melacak HP yang mungkin offline atau sudah dimatikan.

Berikut beberapa cara melacak HP yang hilang yang berhasil liputan6 rangkum dari berbagai sumber, Selasa(29/1/19) untuk kamu yang ingin menemukan HPmu kembali.

2 dari 5 halaman

iPhone

Layanan Apple "Find My" telah terintegrasi ke iPhone, iPad, dan bahkan komputer Mac. Dengan mengaktifkannya di iCloud, kamu dapat melacak perangkat dari situs iCloud. kamu juga dapat menginformasikan kehilangan perangkat, menguncinya, dan menghapus data yang tersimpan dari jarak jauh.

Bila kamu menandakan iPhone atau iPad menjadi `modus hilang`, iCloud akan mulai melacak lokasi dari waktu ke waktu sehingga kamu dapat melihat history-nya secara lengkap.

Kamu juga dapat me-reset-nya sehingga kamu bisa melacak dan mengatur iPhone atau iPad jika perangkat dicuri. Apple tidak akan mengaktifkan iPhone dan iPad jika keduanya ditandai telah hilang.

Kamu bahkan dapat mengunci Mac dari jarak jauh sehingga Mac akan segera menutup sehingga pencuri harus memasukkan password firmware untuk proses booting.

Proses booting sistem operasi tidak akan berjalan tanpa password yang valid. Kamu juga bisa menghapus data sensitif yang ada pada Mac dari jarak jauh.

3 dari 5 halaman

Smartphone dan Tablet Android

Android Device Manager memungkinkan kamu untuk melacak, mengunci, dan menghapus data yang ada pada smartphone atau tablet Android dari jarak jauh. Cara melacak HP yang hilang pada android yang pertama adalah kamu harus mengaktifkan fitur ini dengan cara membuka Google Settings, Android Device Manager, dan mengaktifkannya.

Setelah diaktifkan, kamu dapat mengunjungi situs Google Play, klik ikon roda gigi, dan pilih Android Device Manager. Kamu akan melihat lokasi perangkat yang hilang pada peta.

Namun tak seperti Apple Find My, Android Device Manager dapat terhapus setelah perangkat di-reset sehingga pencuri dapat mengatur ulang perangkat dan kamu tidak akan dapat melacaknya.

Android Device Manager juga tidak dapat memantau history pergerakan perangkat yang hilang secara lengkap. Untuk itu kamu dapat menggunakan aplikasi Android dari pihak ketiga, seperti Anti-Theft dari Avast. Demikian seperti dikutip dari laman How-To Geek, pada Selasa (29/1/2019).

4 dari 5 halaman

Windows Phones

Cara melacak HP yang hilang pada perangkat milik Windows Phone, hampir mirip dengan milik Apple yaitu Find My Phone. Untuk mengaktifkan layanan ini kamu bisa menuju Setting dan Find My Phone.

Untuk melacak, mengunci, dan menghapus data yang ada pada perangkat yang hilang, kamu cukup mengunjungi situs web Windows Phone dan klik Find My Phone di sudut kanan atas layar.

Seperti Android Device Manager, fitur Find My Phone dapat di-nonaktifkan jika sang pencuri me-reset HP kamu.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Google Maps

Belakangan diketahui kalau Google dapat melacak keberadaan smartphone pengguna yang hilang melalui aplikasi Google Maps.

Kebanyakan HP pasti memiliki Google Maps didalamnya. Untuk anda yang ingin mencoba cara melacak HP yang hilang pastikan HP anda sudah terinstall Google maps terlebih dahulu.

Uniknya, fitur ini dapat menyediakan layanan untuk melacak lokasi sesuai waktu.

Sebelum masuk ke cara untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps, pastikan kondisi internet terhubung ke smartphone atau desktop. Selain itu, pastikan juga kamu sudah login dan memasukkan kata sandi ke dalam Google Maps.

Mengutip informasi laman Gadgets Now, Selasa (29/1/2019), berikut beberapa mencoba cara melacak HP yang hilang yang dapat dilakukan untuk melacak smartphone yang hilang via Google Maps.

1. Kamu bisa ke situs www.maps.google.com melalui desktop, atau bisa juga membuka aplikasi Google Maps secara langsung

2. Lalu, login dengan akun Google yang tersedia di smartphone kamu

3. Kemudian, klik ikon bar berbentuk horizontal yang terletak di sudut kanan atas

4. Selanjutnya pilih opsi “your timeline”

5. Pada direktori your timeline, kamu bisa memasukkan hari, bulan, dan tahun sesuai dengan lokasi yang ingin kamu lihat

6. cara melacak HP yang hilang melalui Google Maps yang terakhir, Maps akan otomatis menampilkan riwayat lokasi smartphone kamu, beserta lokasi terkini

Sebagai info tambahan, fitur ini dapat berfungsi dengan baik apabila perangkat kamu dalam kondisi menyala dengan layanan lokasi aktif.

Loading