Sukses

Nvidia Benamkan Teknologi G-Sync Ke Monitor FreeSync

Nvidia membawa kompatibilitas G-Sync ke beberapa monitor FreeSync. Kabar baiknya, tidak memerlukan perangkat keras tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - G-Sync merupakan teknologi sinkronasi adaptif untuk layar yang telah memanjakan gamer dengan jaminan antistutter, lag, dan tearing saat bermain gim.

Namun, teknologi tersebut cukup eksklusif bagi pengguna Nvidia saja. Harga yang ditawarkan cenderung mahal dibanding kompetitornya, FreeSync, yang menawarkan kualitas sama dengan harga lebih terjangkau.

Kini, Nvidia membawa kompatibilitas G-Sync ke beberapa monitor FreeSync. Kabar baiknya, tidak memerlukan perangkat keras tambahan.

"Kami mencoba 400 monitor dan 12 di antaranya lolos," kata CEO Nvidia, Jensen Huang sebagaimana dikutip dari PC Gamer, Senin (7/1/2019).

Nvidia akan melakukan tes serupa ke sejumlah monitor yang sudah ada. Jika lolos Nvidia akan memberi sertifikasi dan akan mengoptimalkan software untuk mendukungnya, sehingga pengguna Geforce dapat menikmatinya seolah-olah mereka membeli monitor G-Sync.

Dukungan untuk monitor FreeSync ini akan dirilis dalam pembaruan driver Nvidia per 15 Januari 2018. Pembaruan tersebut tidak terbatas pada monitor FreeSync yang telah dikatakan lulus sertifikasi. Monitor-monitor itu hanya akan mengaktifkan fitur secara default.

"Untuk gamer yang memiliki monitor yang belum kami uji, atau yang gagal validasi, kami akan memberikan opsi untuk mengaktifkan G-Sync secara manual," tulis Nvidia dalam rilisnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinkronisasi

Sekadar informasi, perangkat G-Sync keluaran Nvidia akan melakukan sinkronisasi antara refresh rate monitor dan render rate dari kartu grafis.

Sinkronisasi ini membuat hasil render kartu grafis dapat segera ditampilkan ke monitor tepat setelah proses render selesai sehingga gim dapat berjalan lebih mulus.

Dengan kata lain, teknologi tersebut dapat mengatasi gejala stutter, lag, dan tearing pada gim.

(Surya Handika R/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.