Sukses

Liburan Akhir Tahun, Pengguna Tri Asyik Main Gim Online

Operator seluler Tri Indonesia mengklaim trafik jaringannya mengalami peningkatan yang signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler, 3 Indonesia (Tri Indonesia) mengklaim sukses melayani pelanggan sepanjang musim liburan akhir tahun 2018.

Terjadi lonjakan trafik yang signifikan di jaringannya berkat tingginya penggunaan layanan data pada gim online, video streaming, aplikasi navigasi, serta transportasi dan belanja online.

Operator yang beroperasi sejak 2007 itu mengungkapkan, lebih dari satu juta pelanggan memainkan gim online selama musim liburan akhir tahun. Tingginya aktivitas gim online di jaringannya, memicu kenaikan trafik terkait aktivitas ini hingga 90 persen.

Selain itu, anak muda Indonesia juga menikmati liburan dengan melakukan perjalanan darat dan memanfaatkan aplikasi navigasi sebagai pemandu perjalanan mereka. Trafik penggunaan aplikasi navigasi ini melonjak hingga 85 persen.

Selama melakukan perjalanan darat, pelanggan Tri juga menikmati video streaming menggunakan ponsel. Trafik video streaming mengalami peningkatan hingga 40 persen dibandingkan hari biasa.

Secara umum, di jaringan Tri terjadi lonjakan trafik data sebesar 65 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan trafik tertinggi terjadi di Cianjur, Sukabumi, Kediri, Gorontalo, dan Makassar, serta kota kunjungan wisata seperti Yogyakarta, Solo, dan Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluas Jaringan

Chief Technology Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung, mengungkapkan pihaknya telah memperluas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama musim liburan. Hal ini mencakup pada jaringan 4,5G, 4G LTE, dan fiber optik.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berinternet yang terbaik bagi pelanggan Tri. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi selama musim liburan ini, kami telah memperluas jaringan dengan lebih dari 7.000 BTS berteknologi 4.5G, 4G LTE dan fiber optic berjaringan nasional," jelas Desmond di dalam keterangan resminya, Minggu (6/1/2019).

Adapun jaringan Tri diperkuat oleh teknologi 4.5G di 171 kota dan 4G di 281 kota yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok.

Sejumlah mobile BTS telah dikerahkan di titik-titik tujuan wisata, pusat keramaian, terutama rute perjalanan darat antar kota di Pulau Jawa untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan telekomunikasi.

Anak usaha CK Hutchison Holding Limited ini juga melakukan transformasi core network system, yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data tidak terpusat.

Pemberlakuan sistem ini dinilai akan memudahkan perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet, meningkatkan kapasitas, serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.