Sukses

70 Persen Traveler Aktif Pesan Hotel dan Pesawat via Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta - 70 persen traveler ternyata lebih memilih memesan tiket pesawat, hotel, dan paket tur melalui aplikasi ketimbang lewat website.

Hal ini tak terlepas dari jumlah penetrasi pengguna smartphone yang meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut data Google yang dikutip oleh penyedia layanan travel online Mister Aladin, penetrasi pengguna smartphone di tahun 2018 ini mencapai angka 98 persen.

Padahal di tahun 2013, penetrasi pengguna smartphone masih di angka 40 persen.

"Tahun 2018 ini makin banyak aktivitas online dengan penetrasi pengguna smartphone mencapai 98 persen. Dari jumlah itu, 68 persen pengguna memakai smartphone untuk mencari informasi dan kebutuhan traveling selain juga untuk aktivitas sehari-hari. Dari 68 persen itu, 70 persen pengguna adalah pengguna aplikasi ketimbang desktop," kata Chief Operating Officer Mister Aladin Nitha Sudewo di Jakarta, Senin (18/12/2018).

Nitha mengatakan, seiring dengan maraknya smartphone di pasaran, ke depannya di tahun 2019 akan lebih banyak lagi konsumen yang memesan kebutuhan traveling-nya melalui aplikasi mobile.

2 dari 3 halaman

Dipakai Ratusan Ribu Orang

Aplikasi Mister Aladin sendiri kini sudah menurut Nitha sudah dipakai oleh ratusan ribu pengguna aktif.

Porsi pemesanan paling banyak melalui aplikasi adalah untuk booking pesawat terbang yakni 70 persen di Mister Aladin.

Melihat jumlah pengguna smartphone yang kian besar di tahun-tahun yang akan datang, Mister Aladin pun melakukan pembenahan aplikasinya menjadi lebih user friendly dan ringan.

Dengan begitu, lebih banyak pengguna yang bisa mengakses aplikasi untuk memesan penerbangan, hotel, kereta, atau paket tur disertai sederetan promo.

3 dari 3 halaman

Tak Tinggalkan Website

Meski berfokus pada aplikasi mobile-nya, Nitha menyebut, Mister Aladin tetap tak melupakan website mereka.

"Website (non-aplikasi) juga tak bisa dilupakan, karena ada pengguna yang modelnya well prepare (selalu mempersiapkan segala sesuatu dari jauh-jauh hari), misalnya mereka yang bepergian dengan keluarga, yang menyukai pesan lewat layar luas" katanya.

Misalnya saja, dengan menghadirkan berbagai promo menarik untuk pengguna atau memperbaiki tampilan website jadi mudah dan menarik untuk digunakan.

Dengan perkembangan smartphone, Nitha tak menampik kalau jumlah pengguna desktop yang membuka website Mister Aladin turun. Pasalnya orang lebih senang memesan hotel atau tiket pesawat lewat aplikasi.

"Sejak 2015 pengguna desktop turun. Orang mulai lebih banyak mobile, karena lebih simple dan bisa diakses di mana pun," katanya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kejutan Rp99 Ribu dan Penawaran Menarik Lain di Mister Aladin Travel Carnival 2019