Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 4A, Smartphone yang Diproduksi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Pabrikan smartphone ini memang tergolong vendor baru yang mulai ikut serta meramaikan pasar smartphone di Indonesia. Vendor asal China ini didirikan pada tahun 2010 oleh Lei Jun, orang terkaya ke 23 di China menurut Forbes. Menariknya, meski terbilang baru di kancah industri smartphone, menurut IDC Xiaomi merupakan produsen smartphone terbesar ketiga di dunia.

Sebagai vendor baru, nyatanya Xiaomi tak kalah menarik dibandingkan dengan vendor ponsel lainnya. Selain hadir dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang mumpuni dan mengikuti perkembangan zaman, Xiaomi berhasil mencuri perhatian dengan harga Xiaomi yang cukup terjangkau. Hal ini jelas menjadikan Xiaomi banyak dipilih oleh kalangan menengah ke bawah.

Salah satu ponsel pabrikan Xiaomi yang diincar banyak orang adalah Xiaomi Redmi 4a. Hal ini karena Xiaomi Redmi 4A merupakan smartphone pertama Xiaomi yang diproduksi di Indonesia. Dirilis pada awal 2017 lalu, Xiaomi Redmi 4a diklaim bisa bersaing melawan smartphone entry level sekelasnya. Hal tersebut memang bukan isapan jempol semata mengingat Xiaomi Redmi 4A dipersenjatai dengan chipset terbaru dari Qualcomm. Namun demikian, bukan berarti tak ada kekurangan Xiaomi Redmi 4a. Xiaomi Redmi 4A merupakan varian termurah dari jajaran Redmi 4 yang diluncurkan akhir tahun lalu. Karena merupakan smartphone budget, tentu ada beberapa fitur yang dipangkas Xiaomi agar harga jual smartphone ini bisa lebih murah. Hal ini merupakan kekurangan dari Xiaomi Redmi 4A.

Penasaran dengan spesifikasi lengkap Xiaomi 4a? Untuk lebih jelasnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/11/2018) kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a.

2 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a segi desain

Xiaomi Redmi 4A hadir dengan pilihan warna kekinian seperti gold dan rose gold, dimana desainnya tampak sangat menawan. Berdimensi 139.9 x 70.4 x 8.5 mm dengan berat sekitar 131.5 gram sehingga smartphone tersebut semakin mudah digenggam dan dioperasikan hanya dengan satu tangan saja.

Layar Xiaomi Redmi 4A mengadopsi Tipe IPS LCD yang membuat tampilan kontras warna semakin tajam & jernih. Layar tersebut memiliki tampilan layar memiliki resolusi HD (720x1280 piksel) dengan kerapatan mencapai 294 ppi yang bisa menghasilkan gambar terlihat cukup tajam dan pada tingkat kecerahan penuh.

Sementara itu, dari segi desain dan tampilan kekurangan Xiaomi Redmi 4a yang pertama adalah tidak adanya proteksi layar seperti gorilla glass. Jadi untuk sisi keamanan masih cukup rawan jika terjadi goresan ataupun benturan benda keras. Hal ini membuat penggunanya harus ekstra hati-hati. Pasalnya dengan layar sebesar 5 inchi, resiko untuk tergores bisa dikatakan cukup besar.

Selain itu, kekurangan Xiaomi Redmi 4a datang dari segi desain. Pasalnya, desain yang dibawa ponsel ini cukup mengecewakan sebab hanya bermaterialkan plastik. Bukan cuma itu, kekurangan Xiaomi 4a lainnya adalah bodynya terasa licin. Sehingga pengguna harus berhati-hati saat menggenggam ponsel ini.

3 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a dari sektor dapur pacu

Xiaomi Redmi 4a menawarkan perfoma kinerja smooth dengan sistem oprasi OS Android v 6.0 dan MIUI 8.0. Sayangnya kekurangan Xiaomi Redmi 4a ada pada chip yang digunakan. Berbeda halnya dengan Xiaomi Redmi 4 biasa yang mengadopsi jeroan Chip Snapdragon 430, CPU Octa core 1.4GHz, dan GPU Adreno 505. Nah di Xiaomi Redmi 4A ini sedikit dipangkas menjadi Chip Snapdragon 425, CPU Quad core 1.4GHz, dan GPU Adreno 308. Sedangkan RAM masih sama yakni 2GB.

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a dari sektor kamera

Kelebihan Xiaomi Redmi 4a dari sektor fotografi terletak pada kamera utama sangat superior dengan lensa 13MP plus fitur LED Flash dan Autofocus. Kamera tersbeut bisa merekam video 1080p@30fps. Sementara kekurangan Xiaomi Redmi 4a dari sektor ini terletak pada kamera depan. Ponsel ini memang hadir dengan kamera depan beresolusi 5 MP, namun sangat disayang belum dilengkapi fitur pendukung semacam LED flash / Screnn flash, yang kurang mendukung selfie pada kegelapan.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a dari segi fitur pendukung

Kelebihan Xiaomi Redmi 4a hadir dengan baterai Non Removable Li-Ion yang memiliki kapasitas cukup besak yakni 3.120 mAh. Selain itu, pada sektor ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Dari segi ini memang ada kekurangan Xiaomi Redmi 4a. Pasalnya kapasitas baterai tersebut sudah cukup powerful untuk menyokong kinerja Xiaomi Redmi 4a.

Namun, dari segi keamanan, terdapat kekurangan Xiaomi Redmi 4a. Hadir sebagai ponsel kekinia, ponsel ini justru tak dilengkapi fitur keamanan terbaik saat ini yakni Fingerprint Sensor. Tidak adanya fitur ini merupakan kekurangan Xiaomi Redmi 4a dari sektor keamanan.

Kekurangan Xiaomi Redmi 4a selanjutnya terletak pada slotnya. Pasalnya, Slot SIM2 menyatu dengan Slot microSD jadi harus bergantian saat mau menggunakannya.

Setelah melihat rangkuman kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 4a, anda bisa memutuskan apakah ponsel ini worth it untuk dijadikan sebagai gadget andalan. Pasalnya, tiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dengan ponselnya.

Loading