Sukses

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Smartphone Kamu Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta - Bisa dibilang, hampir semua orang menggunakan smartphone. Perangkat ini bahkan dianggap sebagai alat komunikasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Namun, tak sedikit orang yang belum begitu paham mengenai tata cara memakai smartphone agar awet dan tidak cepat rusak.

Kebanyakan cuma tahu soal menggunakan smartphone ala kadarnya. Padahal, smartphone juga harus dirawat dan memiliki sejumlah trik agar bisa digunakan dengan awet.

Malah, ada beberapa kebiasaan pengguna smartphone yang sering dilakukan, dan secara tidak sadar bahwa kebiasaan ini justru bisa membuat kinerja perangkat menurun.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com berbagi tips agar smartphone kamu awet dan tahan lama berdasarkan dari kebiasaan yang dilakukan pengguna smartphone. Apa saja? Berikut caranya sebagaimana dikutip dari Brilio, Senin (22/10/2018).

2 dari 5 halaman

1. Mengabaikan Cache

Seringkali pengguna mengabaikan tentang apa itu cache. Padahal kalau dibiarkan menumpuk, jelas bakal menganggu kinerja Android.

Cara menghapus cache juga sangat mudah. Kamu hanya perlu beranjak ke Settings -> Storage -> Cache Data -> lalu hapus cache yang ingin dihapus.

2. Mengabaikan Memori Internal

Pengguna smartphone Android juga tidak terlalu memperhatikan tentang pentingnya menjaga ruang memori internal. Mereka pasti doyan menyimpan file di perangkat sampai ruang memori internalnya penuh.

Nah, biasakan untuk tidak menyimpan file sampai full di dalam memori internal kalau tidak mau smartphone-mu sering error dan mati tiba-tiba.

Perlu diingat kalau smartphone-mu perlu ruang bebas untuk sistem yang berjalan di background. Paling tidak, sisakan ruang 1GB atau 2GB agar sistem bekerja secara optimal.

3 dari 5 halaman

3. Terlalu Banyak Simpan Foto

Kebiasaan ini paling sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna smartphone.

Apalagi di zaman sekarang semua orang sangat suka mengambil foto, tetapi foto yang diambil nyatanya malah memenuhi album bawaan di smartphone. Kalau sudah demikian, sistem pasti memerlukan sedikit waktu untuk membaca semua foto dan video, akibatnya hal ini bisa memaksa RAM smartphone bekerja ekstra. 

Untuk mengakali hal ini, gunakan aplikasi Google Photos karena foto dan video yang disimpan di dalamnya memakai memori bawaan dari Google Photos.

4 dari 5 halaman

4. Mengabaikan RAM

Pengguna seringkali juga tidak sadar kalau RAM smartphone sudah melebihi kapasitas pemakaian.

Biasanya, hal ini disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang atau gim yang dimainkan terlalu berat untuk spesifikasi smartphone-mu.

Karenanya, biasakan untuk menyisakan ruang RAM smartphone untuk kinerja yang optimal. 

5 dari 5 halaman

5. Ngecas Smartphone Saat Tidur

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah mengecas perangkat saat tidur. Kebiasaan ini, nyatanya dianggap membahayakan perangkat.

Ketika kamu sudah sering melakukan kebiasaan buruk ini, bisa dibilang usia baterai smartphone kamu bakal menurun. Pasalnya, durasi pengisian baterai smartphone saat perangkat tidak dimainkan pada umumnya itu hanya memerlukan waktu satu sampai dua jam saja.

Jadi, saat pengguna mengecas smartphone sambil memainkannya, itu tentu akan memaksa perangkat dengan daya berlebihan.

Karena itu, cobalah jangan mengecas perangkat sambil tidur. Usahakan smartphone diisi dayanya saat dimatikan sampai penuh.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
9 Tipe Saat Menolak Cinta Seseorang, Lucu tapi Bikin Nyesek
Artikel Selanjutnya
7 Obrolan Kocak Pembeli dan Penjual Belanja Online, Malah Berujung Curhat