Sukses

BBM Buka Platform Donasi untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry Messenger (BBM) baru saja mengumumkan telah memulai kampanye penggalangan dana untuk membantu para pengungsi di Sulawesi Tengah. Kampanye ini sudah dimulai pada 12 Oktober dan berakhir pada 31 Oktober 2018.

Melalui fitur 'Pulihkan Palu Donggala' di BBM, publik dapat langsung berdonasi untuk meringankan beban para pengungsi.

Kehadiran fitur ini merupakan inisiatif dari Emtek, BBM, Bukalapak, SCTV, Indosiar, KLY, DANA, bersama Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (15/10/2018), pengguna BBM dapat berdonasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 1 juta. Cara melakukan donasi pun cukup mudah. Untuk mengetahuinya, simak langkahnya berikut ini:

1. Buka aplikasi BBM

2. Pilih fitur 'Pulihkan Palu Donggala' yang ada di tab DANA

3. Pilih donasi mulai Rp 10.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 250.000, Rp 500.000, atau Rp 1.000.000

4. Metode pembayaran yang dipilih dapat memakai transfer bank, kartu kredit, atau saldo DANA di BBM

Nantinya, dana yang terkumpul dari kampanye ini akan disalurkan secara kumulatif dengan donasi dari masyarakat lain yang dikirimkan melalui Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih.

Yayasan tersebut telah mengoordinasikan upaya pembawa bantuan darurat, seperti distribusi makanan dan selimut untuk masyarakat Palu, Sigi, dan Donggala, termasuk makanan dan layanan perawatan kesehatan untuk korban di Lombok.

Bagi pendonor yang ingin mengetahui distribusi kegiatan bantuan tersebut, dapat langsung melihatnya melalui situs Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih dan Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Hanya di Indonesia, Kirim Uang Bisa Langsung Lewat BBM

Sebelumnya, BBM berkolaborasi dengan layanan dompet digital DANA untuk memudahkan para pengguna dengan merilis dua fitur baru.

Dalam keterangan resminya,dua fitur anyar ini adalah kemampuan transfer uang ke sesama pengguna BBM dan tab baru DANA (menggantikan tab Discover) hanya tersedia untuk pengguna BBM di Indonesia.

Dengan fitur transfer uang lewat DANA, BBM menjadi aplikasi chat pertama di Indonesia yang memiliki fitur tersebut.

Nantinya, pengguna dapat menggunakan uang itu untuk beragam keperluan, mulai dari membeli pulsa hingga membayar tagihan di DANA.

Namun, sebelum memakai fitur ini, pengguna harus lebiih dulu mengaktifkan DANA melalui tab yang tersedia. Tidak lupa, pengguna harus mendaftar sebagai akun premium terlebih dulu.

Tab Discover di BBM kini juga sudah berubah menjadi tab DANA. Perubahan ini dilakukan untuk membantu pengguna menemuka berbagai layanan DANA secara lebih mudah.

Khusus di BBM versi Android, tab DANA akan hadir dengan menu Favorites di bagian atas. Sesuai namanya, pengguna dapat mengatur jalan pintas untuk sejumlah layanan favorit yang sebelumnya ada di tab Discover sehingga lebih mudah diakses.

3 dari 3 halaman

Fitur Lain di BBM Terbaru

Selain dua perubahan tersebut, aplikasi terbaru BBM turut hadir dengan sejumlah perubahan lain yang tidak kalah menarik.

Salah satunya adalah pengguna BBM di Android kini dapat mengubah latar belakang chat-nya menjadi foto favorit yang ada di galeri.

BBM kini juga menghidupkan fitur Timeline, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan unggahan status dari orang lain.

Pengguna dapat memberikan like ke unggahan teman, sekaligus mengetahui jika ada unggahan yang disukai oleh orang lain.

Khusus pengguna BBM Android, fitur BBM Desktop kini juga sudah dapat digunakan. Berbekal fitur ini, pengguna tetap dapat mengakses BBM langsung layar komputer atau laptopnya.

Tidak sekadar berkirim pesan, pengguna dapat mengirim dan menerima file langsung melalui BBM Desktop. Fungsi reply, delete, forward, hingga retract juga sudah dapat diakses oleh para pengguna dalam fitur ini.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga BBM Naik, Begini 3 Tips Mengemudi Efisien Saat Macet
Artikel Selanjutnya
Harga BBM Naik, Bolehkah Mencampur Premium dengan Pertamax?