Sukses

Speaker Pintar Samsung Akan Rilis Terbatas

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki mengenai speaker pintar Samsung terjawab bersama dengan pengumuman Galaxy Note 9. Ketika itu, Samsung turut memperkenalkan speaker yang diberi nama Samsung Galaxy Home.

Meski sudah diumumkan, tidak banyak informasi yang diungkap seputar perangkat tersebut. Kendati demikian, dari laporan terbaru diketahui sedikit informasi seputar peluncuran perangkat tersebut.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (11/10/2018), informasi mengenai Galaxy Home akan banyak diungkap bulan depan. Selain informasi soal harga, Samsung juga disebut akan mengumumkan jadwal penjualan.

Informasi lain yang tidak kalah penting adalah Samsung tidak akan merilis speaker ini ke pasar global. Menurut rencana, perusahaan tersebut berencana hanya membawa perangkat ini ke pasar Amerika Serikat, Tiongkok, dan Korea Selatan terlebih dulu.

Belum dapat dipastikan alasan Samsung memilih tiga negara tersebut sebagai pilihan utama. Namun, besar kemungkinan negara tersebut dipilih karena berkaitan dengan kemampuan Bixby.

Alasannya, Bixby asisten virtual besutan Samsung baru mendukung secara baik empat bahasa, yakni Inggris, Mandarin, Korea, dan Spanyol. Karenanya, tiga negara tersebut dianggap paling sesuai dengan kemampuan asisten virtual tersebut.

Sekadar informasi, Galaxy Home merupakan speaker dengan desain 360 derajat dan dibekali dukungan teknologi AKG.  Samsung juga melengkapi speaker ini kemampuan SmartThings sehingga memungkinkannya dipakai untuk mengatur perangkat smart home lain.

2 dari 3 halaman

Informasi Seputar Speaker Pintar Samsung

Rumor seputar speaker ini sebenarnya sudah diketahui sejak tahun lalu. Kabarnya, speaker ini akan fokus pada kualitas audio.

Area lain yang juga menjadi fokus adalah kemampuan speaker ini untuk mengontrol perangkat pintar di rumah, seperti lampu atau kunci.

Perangkat ini juga disebut dapat disinkronisasi dengan smartphone dan TV pintar. Untuk saat ini, Samsung dilaporkan tengah berupaya untuk meningkatkan kemampuan speaker untuk menjalankan pencarian web berbasis suara.

Adapun ukuran purwarupa dari speaker ini disebut berada di tengah-tengah Amazon Echo dan Apple HomePod. Menurut kabar, perangkat ini juga bakal tersedia dalam beberapa warna.

Meski belum ada informasi resmi, speaker ini kemungkinan besar akan dijual secara global. Samsung sendiri dikabarkan akan membanderol perangkat ini dengan harga sekitar US$ 200 atau Rp 2,7 juta.

3 dari 3 halaman

Bos Samsung Akui Tengah Garap Pesaing Amazon Echo

Keberadaan speaker ini sempat diungkap oleh President Mobile Division Samsung DJ Koh tahun lalu. Usai meluncurkan Galaxy Note 8, Koh menuturkan pihaknya memang tengah mengembangkan speaker pintar.

"Mungkin akan kami umumkan dalam waktu dekat. Kami kini tengah mengerjakannya," ujarnya, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (25/8/2017).

Meski tak mengungkap informasi detail, Koh menyebut bahwa Samsung kini memang memiliki rencana untuk memberi pengalaman terbaik dengan perangkat Samsung di rumah.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Menanti Gebrakan Smartphone Terbaru Samsung di Negeri Jiran
Artikel Selanjutnya
Asyiknya Menjajal TV QLED Samsung 2018, Bisa 'Menyatu' Kayak Bunglon