Sukses

10 Objek Angkasa Cantik yang Bisa Disaksikan dengan Mata Telanjang

Ada beberapa objek luar angkasa yang menakjubkan dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Berikut 10 di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan tak henti-hentinya meneliti apa saja yang ada di alam semesta, termasuk luar angkasa. Sejak ribuan tahun lalu, manusia telah memperhatikan bintang-bintang.

Hal ini kemudian digunakan untuk acuan perubahan musim dan menavigasi lautan. Apa pun tujuannya, selalu ada temuan dan teori baru tentang luar angkasa yang selalu menghebohkan. 

Namun di luar itu semua, bintang-bintang di angkasa juga telah lama menjadi pengamatan yang menarik bagi umat manusia. Ada objek yang butuh alat bantu untuk dapat menyaksikan keindahannya.

Namun, ada pula objek luar angkasa yang bisa dilihat mereka dengan mata telanjang. Beberapa benda langit berikut ini dapat disaksikan dengan mata telanjang dengan jelas. Penasaran?

Yuk mari cek, foto-fotonya seperti dilansir Brilio dari Lolwot, Jumat (7/9/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Procyon hingga Altair

1. Procyon adalah bintang paling terang kedua dalam segitiga musim dingin. Bintang tersebut muncul dalam warna agak kemerahan, dan biasanya muncul selama akhir musim dingin.

2. Achernar dikenal bintang yang paling biru dan terpanas.

3.  Betelgeuse memiliki ukuran yang begitu besar sehingga disebut-sebut menyaingi besarnya matahari.

Diameternya saja lebih panjang daripada jarak Mars ke Jupiter. Super-raksasa adalah salah satu bintang yang paling terlihat dari daftar ini.

4. Beta Centauri (Agena, Hadar) adalah sistem bintang trinary yang terdiri dari tiga bintang terang. Navigator sering menggunakan sistem ini untuk menentukan arah selatan.

5. Altair adalah titik terang kedua dari Summer Triangle. Ini adalah bintang dari Summer Triangle yang terdekat dari Bumi.

3 dari 3 halaman

Acrux hingga Carina Nebula

6. Alpha Crucis (Acrux) adalah salah satu bintang yang paling mudah dikenali di langit malam. Ini adalah bagian dari Southern Cross.

7. Aldebaran adalah bintang paling terang dari rasi Taurus.

8. Antares adalah bintang terjauh ketiga dari Bumi, yang jaraknya lebih dari 600 tahun cahaya. Bintang ini sering disebut sebagai "jantung kalajengking," karena merupakan bintang paling terang di rasi Scorpius.

9. Spica adalah bintang paling terang dalam konstelasi Virgo.

10. Carina Nebula adalah awan interstellar yang berisi penuh dengan debu dan gas terionisasi. Objek ini 6.300.000 kali lebih terang dari matahari.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.