Sukses

Samsung Mulai Jajal Android Pie untuk Galaxy S9

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan sedang menyiapkan peluncuran OS Android 9 Pie untuk perangkatnya. Galaxy S9 akan menjadi smartphone pertama Samsung yang mencicipi sistem operasi terbaru itu.

Dilansir Softpedia, Senin (3/9/2018), Samsung saat ini tengah menguji pembaruan Android 9 Pie untuk Galaxy S9. Hal ini diketahui dari beredarnya hasil benchmark Galaxy S9.

Berdasarkan keterangan benchmark di platform GFX Bench, Samsung menguji Android 9.0 pada Galaxy S9+ (SM-G965F).

Terdapat keterangan "Invalid Android Samsung -ss Edition", yang menandakan versi Android custom dari Samsung ketika muncul di benchmark.

Pengujian ini masih dilakukan di internal Samsung, sehingga perusahaan belum menyampaikan informasinya kepada publik.

Namun, perusahaan asal Negeri Ginseng itu dilaporkan akan merilis Android 9 Pie untuk Galaxy S9 beberapa bulan lagi.

Kendati demikian, para pengguna Galaxy S9 kemungkinan akan mendapatkan versi awal Android 9 Pie.

Jika Samsung menerapkan skema yang sama dengan Galaxy S9, maka Android 9 Pie versi publik kemungkinan akan hadir pada awal tahun depan.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 3 halaman

Serba-serbi Android Pie yang Patut Kamu Ketahui

Android Pie adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedangkan peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada akhir tahun ini dan 2019.

OS Android 9 Pie hadir dengan serangkaian perubahan desain, fitur, serta memiliki fokus besar pada Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan). Google disebut berusaha membuat ponsel lebih personal, efisien dan mudah digunakan.

Android 9 Pie memang telah dirilis, tapi masih banyak pengguna harus bersabar untuk bisa mencicipinya dan kemungkinan menunggu sampai tahun depan.

Berikut informasi tentang rincian peluncuran Android 9 Pie, seperti dikutip dari Tech Radar beberapa waktu lalu:

1. Peluncuran Android 9 Pie Perdana

Android P telah resmi dirilis, setelah sebelumnya Google menghadirkannya dalam versi beta. Para pengguna ponsel Pixel bisa mendapatkan Android Pie secara gratis melalui over-the-air. Essential Phone juga mendapatkan OS tersebut mulai hari ini.

"Kami bangga membawa Android 9 Pie untuk Essential Phone di hari yang sama dengan peluncurannya," tulis Essential dalam pengumumannya.

Lima smartphone Android pertama yang bisa mencicipi OS ini adalah Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel, Pixel XL dan Essential Phone.

3 dari 3 halaman

Serba-serbi Android Pie yang Patut Kamu Ketahui (II)

2. Peluncuran Android 9 Pie Sebelum Akhir Tahun

Kabar baik untuk Sony, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo dan One Plus dan sejumlah perangkat Android One. Google mengatakan perusahaan-perusahaan tersebut, yang berpartisipasi dalam program Android Pie beta, akan mendapatkan pembaruan OS pada akhir musim gugur.

Jika merujuk pada kisaran waktu itu, smartphone Sony cs yang kompatibel akan mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie sebelum 21 Desember 2018.

3. Peluncuran Android 9 Pie Akhir 2018-2019

Lalu bagaimana nasib smartphone Samsung, LG, Motorola dan lainnya? Jajaran vendor itu kemungkinan akan mengumumkan tanggal peluncuran Android 9 Pie untuk produknya beberapa bulan lagi hingga tahun depan.

Beragamnya waktu peluncuran ini sudah biasa bagi pembaruan Android, khususnya di Amerika Serikat (AS) karena membutuhkan persetujuan operator seluler.

Lebih lanjut, ada sejumlah ponsel lain yang dilaporkan menerima Android 9 Pie lebih awal yakni seri Pixel 3. Google diyakini akan mengumumkan smartphone Pixel 3 dan Pixel 3 XL pada Oktober 2018. Sama seperti peluncuran seri Pixel lain, Pixel 3 dan 3XL akan melenggang dengan OS Android terbaru.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Juga Pernah Bikin Mobil, Ini Buktinya
Artikel Selanjutnya
Tiga Varian Galaxy S10 Punya Sensor Sidik Jari di Dalam Layar