Sukses

17 Startup Terpilih Ramaikan Plug and Play Indonesia Angkatan Ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Akselerator startup GK-Plug and Play Indonesia kembali mengadakan tahap akselerasi startup terbaru dalam angkatan ketiga.

Kali ini, GK-Plug and Play mengangkat tema “The Uncovered Innovation” sebagai benang merah acara tersebut.

Dalam angkatan kali ini, ada 17 startup terpilih yang berhasil menembus tahap presentasi. Mereka berasal dari beragam sektor, mulai dari financial technology alias fintech, agrikultur, mobility, hingga energi.

Managing Director Plug and Play Indonesia, Wesley Harjono, berkata 17 startup ini lolos dari seleksi 300 startup yang hendak mengikuti angkatan ketiga. Proses seleksi pun berlangsung selama beberapa bulan terakhir.

“Inovasi yang kami cari bukan sekadar terlihat menarik, tapi bagaimana benar-benar bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia,” kata Wesley di Fintech Space, Jakarta, Rabu (1/8/2018). 

Ragam inovasi dan solusi teknologi yang ditawarkan ke-17 startup ini juga diklaim bisa mengubah pola industri Tanah Air di masa depan.

Beberapa di antaranya bahkan menawarkan solusi yang terbilang unik, seperti solusi pengiriman vaksin dan darah ke daerah pinggir via drone, hingga teknologi Aerial Spectral Imagery yang mampu menyediakan informasi visual bagi sektor pertanian.

Menurut Wesley, kualitas dan tingkat kematangan startup di Indonesia kian meningkat dalam dua tahun terakhir. Hal itu dibuktikan dari peningkatan partisipasi startup di setiap angkatan. 

Dalam dua tahun terakhir pun, banyak sekali startup yang lahir untuk sektor-sektor tertentu yang dianggap "memikat", seperti fintech, agrikultur, mobility, sustainability, hingga Internet of Things (IoT).

“Hal itu mengingat akan keberadaan Indonesia sebagai negara agraris sehingga banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu perkembangan di bidang pertanian," tuturnya.

Ia menambahkan, "Di sisi lain, Indonesia juga negara maritim di mana akses masih menjadi salah satu tantangannya. Kami berharap startup-startup ini dapat mengisi kekosongan-kekosongan yang saat ini masih terjadi.”

2 dari 3 halaman

17 Startup yang Berpartisipasi

Asura

Asura merupakan platform yang memungkinkan penggunanya mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah pengguna memasukkan data, Asura kemudian melakukan analisis terhadap profil tersebut untuk memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat. Saat ini, Asura telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Asuransi ternama di dunia. 

AeroEnvoy

AeroEnvoy mengirimkan berbagai suplai medis seperti darah dan vaksin melalui drone ke rumah sakit dan klinik di daerah pedesaan untuk memotong waktu pengiriman.

Tekno

TEKNO/TEKNOJEK adalah aplikasi mobile yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam pembelian atau pembayaran kebutuhan bulanan seperti pulsa, listrik, cicilan, pembelian voucher gim dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga menyediakan layanan ojek online yang telah operasional di beberapa daerah dengan keunggulan sistem berlangganan dan harga yang sangat bersaing.

Keuntungan tambahan bagi para penggunanya yaitu adanya cashback yang sangat besar bagi para pengguna setianya.

Dengan visi untuk memajukan ekonomi kerakyatan, maka seluruh keuntungan tersebut disediakan secara cuma-cuma tanpa adanya biaya tambahan dan harga yang sangat bersaing, agar seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati keuntungan di TEKNO/TEKNOJEK.

Bildeco

Bildeco merupakan e-commerce bahan bangunan pertama di Indonesia yang menghubungkan pembeli dengan seluruh lini distribusi dari produsen bahan bangunan secara mudah, murah, dan efisien.

Bildeco juga melayani berapa pun besarnya kebutuhan pengguna dengan harga yang kompetitif dan memastikan keaslian produk yang dibeli.

Bahasa.Ai

Bahasa.ai merupakan chatbot berbahasa Indonesia yang memanfaat teknologi kecerdasan buatan (AI).

Halofina

Halofina adalah asisten keuangan pribadi virtual yang dapat membantu penggunanya dalam mengelola keuangan dan investasi untuk mencapai tujuan keuangan penggunanya.

Di balik teknologi asisten virtual adalah pakar di dunia keuangan yang menentukan bagaimana strategi dan logika Halofina berjalan.

Gradana

Gradana.co.id memiliki visi untuk membantu masyarakat dalam memperoleh rumah hunian dengan skema pembayaran yang ringan.

Gradana.co.id merupakan portal yang mempertemukan pembeli dan pendana untuk kebutuhan cicilan uang muka (DP) rumah.

Merapi Tani

Merapi Tani menggunakan smart soil sensor technology, intelligence valve, dan analisis pertanian untuk membantu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian  membuat keputusan yang lebih baik dalam mengoptimalkan perkebunan mereka.

Resync Technology

RESync adalah Platform Manajemen di bidang Energi yang menggunakan cloud computing, pengontrol real-time, dan analisis prediktif untuk memastikan reabilitas dan efisiensi untuk grid dan smart microgrid.

BLH Aqua

BLHAqua mengkhususkan diri dalam pengembangan teknologi efisiensi air. Produk pertama BLHAqua bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian secara keseluruhan. Namun, teknologi tersebut akan dapat diterapkan pada industri lain dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

Yousolar

Yousolar menciptakan menciptakan produk revolusioner berupa sistem baterai solar + PowerBlock TM yang merupakan catu daya utama ke rumah atau bisnis tanpa utility approval--atau bahkan utility connection. 

DataRobot

DataRobot memungkinkan para Business Analyst yang tidak memiliki pengetahuan tentang machine learning atau programming sekalipun untuk membangun analisis prediktif terhadap bisnisnya.

Ceres Imaging

Ceres Imaging adalah startup yang membantu petani mengoptimalkan aplikasi air dan pupuk mereka dengan aerial spectral imagery.

Adapun gambar multispectral dengan resolusi tersebut diambil dengan pesawat terbang-rendah dan diproses menggunakan pemrosesan gambar canggih dan teknk permodelan tanaman. 

Calty Farm

Kost-Kostan Ternak (Calty Farm) adalah aplikasi beternak online yang memudahkan penggunanya untuk beternak secara online melalui aplikasi mobile tanpa harus memiliki lahan, keterampilan, dan waktu untuk merawat hewan ternak berupa sapi perah kemudian hasil dari pemerahan akan ditampung oleh industri pengolahan susu.

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi hadir sebagai sarana edukasi mengenai isu-isu kesehatan mental dan psikologi yang mudah diakses.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pasca-Akuisisi, UrbanIndo Ganti Nama Jadi 99.co
Artikel Selanjutnya
Samsung Pilih 3 Startup Indonesia Berlaga di Asia Pasifik dan Oceania