Sukses

3 Fakta soal Planet Mars yang Wajib Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta - Posisi Mars bakal sangat dekat dengan Bumi pada 27 Juli 2018 nanti. Planet yang berwarna merah ini akan mencapai orbit bernama oposisi, di mana Mars akan berada tepat di seberang Matahari, dan satu garis lurus dengan Bumi.

Mars akan terlihat dekat dengan Bumi pukul 7.50 WIB pada 27 Juli, atau pukul 14.50 pada 31 Juli 2018.

Mars juga pernah mendekat ke Bumi sejak 15 tahun terakhir, atau pada 2003. Menurut lembaga antariksa Amerika Serikat NASA, pada 2003, jarak Mars dengan Bumi sejauh 56 juta kilometer.

Sementara pada 31 Juli nanti, jarak Mars dengan Bumi sejauh 57,6 juta kilometer. Dengan jarak tersebut, Mars bakal terlihat 10 kali lebih terang dibandingkan biasanya.

Lalu seperti apa fakta-fakta tentang Planet Mars ini? Simak daftarnya berikut.

2 dari 4 halaman

Mars Lebih Besar dari Merkurius

Mars lebih besar daripada Merkurius, tetapi Merkurius lebih padat.

Akibatnya, kedua planet mempunyai tarikan gravitasi yang hampir mirip di permukaan dan tarikan Mars lebih kuat sekitar kurang dari 1 persen.

Ukuran, massa, dan gravitasi permukaan Mars berada "di antara" Bumi dan Bulan (diameter Bulan hanya setengah dari Mars, sementara Bumi dua kalinya.) Namun, ukuran Mars justru lebih kecil dibandingkan dengan Bumi.

3 dari 4 halaman

Mars Berwarna Jingga Kemerahan

Sudah banyak yang tahu warna Planet Mars yaitu jingga kemerahan. 

Penampakan permukaan Mars yang merah jingga ini diakibatkan keberadaan besi oksida, yang lebih dikenal dengan nama hematite. Jadi, bagi siapa saja bisa dengan mudah melihat Mars, karena warnanya yang cukup jelas dan terang.

4 dari 4 halaman

Gravitasi di Mars Lebih Rendah daripada Bumi

Mars memiliki gravitasi lebih rendah dari Bumi. Tepatnya, gravitasi Mars adalah 62 persen lebih rendah dibandingkan dengan planet kita.

Pada dasarnya, gravitasi ditentukan oleh dua faktor penting: massa dan energi. Semakin tinggi massa dan energi dalam sebuah planet, semakin kuatlah gravitasinya.

Bumi sendiri 1,8794 kali lebih besar dari Mars, sehingga memiliki lebih banyak massa dan energi daripada Mars.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pria Meninggal Mendadak di Warung Makan

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cak Imin Optimistis Jadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019
Artikel Selanjutnya
Sekjen Gerindra Dadakan Temui Presiden PKS, Terkait AHY?