Sukses

3 Tips Jitu Merawat Layar iPhone agar Lebih Awet dan Tahan Lama

Berikut ini ada beberapa tips jitu agar layar iPhone bisa awet dan tahan lama. Apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang, musibah datang tanpa diduga. Contohnya, ketika tanganmu tidak sengaja menjatuhkan iPhone kesayangan sehingga membuatnya lecet, retak, atau bahkan membuat satu komponennya rusak. Sudah tentu kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Padahal, produk Apple terkenal dengan produk-produk mereka yang mahal. Mulai dari komputernya (Macintosh) hingga ke perangkat komunikasinya seperti iPhone. Belum lagi dengan harga komponen yang dijual secara terpisah.

Memang, di luar sana ada banyak pilihan lain. Kamu bisa membeli atau memperbaiki layar sentuh iPhone pada pihak ketiga. Pihak ketiga di sini artinya penyedia komponen iPhone yang tidak resmi.

Nah, banyak di antara kita yang lebih suka memperbaiki iPhone-nya di pihak ketiga karena harga yang mereka tawarkan biasanya lebih murah. Memang bisa sangat membantu, tetapi, kini kamu sebaiknya jangan sembarangan ganti layar. Sebab, baru-baru ini Apple mengubah kebijakan reparasinya.

Menurut laporan dari Tech Radar, ada sejumlah iPhone yang tak berfungsi ketika diganti dengan komponen layar yang murah. Soalnya, pembaruan iOS11.3 memang sengaja menonaktifkan beberapa fungsi dari layar sentuh bila mendeteksi penggantian komponen tak resmi dari pihak ketiga atau toko reparasi non-Apple.

Pada tahun 2016, pengguna iPhone 6 terpaksa harus gigit jari setelah mengetahui kalau tidak bisa menggunakan perangkat tersebut usai mengganti komponen pada layar dengan pihak ketiga.

Namun, tak perlu sedih. Sebab, Apple mengabarkan bahwa update iOS 11.4 akan menghindarkan penonaktifan ini. Anda yang memperbaiki iPhone ke pihak ketiga bisa sedikit bernapas lega, pasalnya pembaruan ke depan tak lagi memberlakukan hal tersebut.

Dilansir dari Swara Tunaiku, berikut ini ada beberapa tips jitu agar layar iPhone mu bisa awet dan tahan lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pakai tempered glass

Cara ini cukup berhasil meminimalkan risiko layar pecah atau retak. Beberapa kali iPhone terbanting atau jatuh dari tangan, tempered glass mampu melindungi layar dari kerusakan.

Namun, bukan berarti Anda boleh menjadi kurang hati-hati. Intinya, jangan menunda untuk memasang tempered glass sesudah beli iPhone.

Di toko offline atau online, ada banyak pilihan, dan harganya pun terbilang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 125 ribu.

3 dari 4 halaman

2. Pakai hard case

Selain tempered glass, Anda pun bisa mencoba hard case. Hard case bisa melindungi body iPhone secara keseluruhan dari benturan.

Hard case memproteksi kaca dan juga melindungi dari goresan, warna yang pudar, atau cipratan air. iPhone bisa lebih awet, selama terlindungi oleh hard case yang berkualitas. Harganya sekitar Rp 300 ribu.

4 dari 4 halaman

3. Pakai bumper

Nah, bila Anda memakai iPhone 4 atau 5, lebih disarankan untuk menggunakan bumper. Seri dua perangkat tersebut terbuat dari kaca depan belakang, dan dilengkapi dengan pelindung bagian pinggir yang terbuat dari kaca. Bumper akan melindungi body kaca pada gawai dari risiko retak maupun pecah.

Nah, itu dia beberapa tips agar layar iPhone bisa bisa awet. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengambil risiko untuk mengganti layarnya di pihak ketiga, bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini