Sukses

Layanan Makin Luas, Messenger Kids Punya Fitur Baru

Aplikasi Messenger Kids memperluas kehadirannya dengan peluncuran ke dua negara dan sejumlah fitur baru.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook memperluas kehadiran aplikasi pesan anak-anak miliknya, Messenger Kids.

Setelah dirilis di Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu, kini aplikasi tersebut tersedia di dua negara lain yaitu Kanada dan Peru.

Dilansir GSM Arena, Selasa (26/6/2018), Facebook berencana untuk terus memperluas layanan Messenger Kids.

Selain AS, Kanada dan Peru, Spanyol dan Prancis juga akan menjadi target selanjutnya. Namun, belum ada rincian informasi tentang peluncuran di kedua negara tersebut.

Selain peluncuran di dua Kanada dan Peru, Messenger Kids kini juga memiliki opsi baru bernama Pledge yang merupakan hasil kolaborasi antara Facebook, para peneliti Yale Center for Emotional Intelligence dan kelompok penasihat global.

Messenger Kids Pledge bertujuan mengajarkan kepada anak-anak untuk saling menghormati, berbuat baik, selalu aman dan bersenang-senang.

Selain itu juga terdapat Kindness Stickers yang dibuat khusus agar menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk selalu berbuat baik.

Stiker baru ini bisa digunakan setelah pengguna memperbarui aplikasi Facebook Messenger Kids.

Lebih lanjut, Messenger Kids akan memiliki fitur baru bernama Appreciation Mission, tapi sekarang belum dirilis secara resmi.

Fitur ini merupakan panduan interaktif yang mendorong anak-anak untuk menemukan dan mengekpresikan penghargaan untuk teman dan keluarga mereka.

Di luar dari fitur baru yang sudah dan akan dirilis, Facebook mengatakan akan terus memperkuat aplikasi Messenger Kids.

Perkembangan kemampuan aplikasi ini pada dasarnya berdasarkan dari masukan para orangtua dan pakar yang sesuai dengan tujuan utama layanannya.

Kehadiran Messenger Kids bertujuan menjadi aplikasi aman untuk anak-anak yang ingin mengirim pesan kepada teman-teman dekat dan keluarga mereka.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Facebook Messenger Bakal Bisa Otomatis Terjemahkan Pesan

Terlepas dari Messenger Kids, Facebook dilaporkan tengah menyiapkan fitur penerjemah otomatis untuk layanan Messenger. Menurut laporan, fitur ini akan meluncur dalam waktu dekat di Messenger.

Fitur penerjemah pesan otomatis ini akan dirilis terlebih dahulu di Amerika Serikat (AS) dan Meksiko. Kemampuan bahasa awalnya adalah menerjemahkan pesan berbahasa Inggris dan Spanyol.

Fitur M Translations tersebut diumumkan di konferensi F8 pada tahun ini dan merupakan bagian dari M Suggestions.

M Suggestions merupakan paket teknologi Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan) untuk Messenger dengan berbagai fungsi.

M Translations bekerja dengan cara yang sama dengan fitur penerjemah yang sudah ada di Facebook.

Jika seseorang pengguna berbahasa Inggris menerima pesan dalam bahasa Spanyol, maka Messenger akan secara otomatis menerjemahkannya. Artinya, fitur ini bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke Spanyol, begitu pula sebaliknya.

Sayangnya, belum ada informasi tentang tanggal pasti peluncuran fitur penerjemah bahasa ini. AS dan Meksiko dipastikan akan menjadi yang pertama mencicipinya, tapi Facebook juga akan merilisnya untuk berbagai negara lain setelahnya.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.