Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Facebook Messenger Bakal Bisa Otomatis Terjemahkan Pesan

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dilaporkan tengah menyiapkan fitur penerjemah otomatis untuk layanan Messenger. Menurut laporan, fitur ini akan meluncur dalam waktu dekat di Messenger.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (23/6/2018), fitur penerjemah pesan secara otomatis di Messenger akan dirilis terlebih dahulu di Amerika Serikat (AS) dan Meksiko. Kemampuan bahasa awalnya adalah menerjemahkan pesan bahasa Inggris dan Spanyol.

Fitur M Translations ini diumumkan di konferensi F8 pada tahun ini dan merupakan bagian dari M Suggestions. M Suggestions merupakan paket teknologi Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan) untuk Messenger dengan berbagai fungsi.

M Translations bekerja dengan cara yang sama dengan fitur penerjemah yang sudah ada di Facebook. Jika seseorang pengguna berbahasa Inggris menerima pesan dalam bahasa Spanyol, maka Messenger akan secara otomatis menerjemahkannya. Artinya, fitur ini bisa menerjemahkan bahasa Inggris ke Spanyol, begitu pula sebaliknya.

Sayangnya, belum ada informasi tentang tanggal pasti peluncuran fitur penerjemah bahasa ini. AS dan Meksiko dipastikan akan menjadi yang pertama mencicipinya, tapi Facebook juga akan merilisnya untuk berbagai negara lain setelahnya.

2 dari 3 halaman

Facebook Umumkan Fitur Grup Berbayar

Facebook terus merilis berbagai fitur baru untuk seluruh layanannya. Sebelumnya, Facebook mengumumkan sebuah tool baru bagi admin grup agar dapat menghasilkan uang dari anggota komunitas.

Fitur baru ini akan tersedia untuk sejumlah admin grup, dan diharapkan membantu mereka menghasilkan uang atas investasi waktu dan energi mengurus grup.

Fitur baru bernama Subscription Group ini hadir karena banyaknya permintaan dari admin grup. Penghasilan tersebut diharapkan dapat membantu mereka memperkuat hubungan dengan para anggota grup.

Untuk merealisasikan harapan tersebut, Facebook pun menghadirkan layanan berlangganan untuk para anggota grup. Anggota grup kini bisa mendaftar dan mengatur layanan berlanganan mereka melalui aplikasi Facebook untuk iOS dan Android.

"Subscription Group dibuat untuk mempermudah admin memberikan pengalaman dengan alat yang ada di dalamnya dan menghemat waktu, sehingga mereka bisa fokus memberikan konten hanya untuk anggota," jelas pihak Facebook dalam pernyataannya.

Fitur baru ini tengah diuji coba oleh sejumlah grup dengan berbagai ketertarikan, seperti perencanaan makan dan persiapan kuliah. Jika uji coba berhasil, kualitasnya akan ditingkatkan dan diperluas ke berbagai grup lainnya.

3 dari 3 halaman

Instagram Rilis IGTV

Selain itu, anak usaha Facebook, Instagram juga memiliki fitur baru. Layanan berbagi foto dan video ini baru saja merilis aplikasi mandiri dan fitur baru bernama IGTV.

Aplikasi mandiri IGTV dan fiturnya yang ada di Instagram memiliki tampilan serupa, sehingga ini akan mempermudah penggunaannya. Bedanya, pada aplikasi IGTV terdapat menu Settings yang berisi pengaturan Switch Accounts, Linked Account dan Log out.

Pengguna Instagram bisa mengunggah video di IGTV dengan durasi lebih panjang hingga satu jam. Aplikasi IGTV saat ini sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
47 Jaksa Agung Ramai-Ramai Selidiki Facebook, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Facebook Tuduh Entitas Rusia dan Iran Berusaha Mencampuri Pilpres AS 2020