Sukses

Pixel 3 Bakal Usung Wireless Charging?

Google tengah bersiap merilis smartphone terbarunya, Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Kedua smartphone ini diprediksi mengusung fitur Wireless Charging. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran informasi tentang smartphone Pixel 3 semakin banyak muncul di ranah maya. Setelah sebelumnya foto prototype mencuri perhatian, kali ini muncul informasi tentang sejumlah fiturnya.

Dilansir GSM Arena, Rabu (13/6/2018), informasi baru tentang Pixel 3 berasal dari komunitas pengembangan software mobile, XDA-Developers. Salah satunya tentang keberadaan fitur wireless charging.

Keberadaan wireless charging diketahui dari file SystemUIGoogle.APK Android P, yang terdapat keterangan DOCK_IDLE dan DOCK_ACTIVE.

Hal ini dinilai sebagai salah satu bukti Google sedang menyiapkan wireless charing dock untuk seri Pixel 3.

Sebelumnya, anggota senior XDA-Developers, meraz9000, juga mengatakan bahwa prototype Pixel 3 memiliki bagian bodi belakang yang terbuat dari material kaca.

Bodi belakang kaca ini akan hadir dengan finishing glossy dan matte. Kehadiran material kaca ini dinilai bertujuan agar Pixel 3 bisa memiliki fitur wireless charging.

Lebih lanjut, meraz900 sebelumnya mengungkapkan Pixel 3 kemungkinan dilengkapi fitur Active Edge. Dugaan ini mengemuka setelah ia merasakan ponsel tersebut bergetar ketika menekan frame perangkat.

Fitur Active Edge merupakan gerakan squeeze pada Pixel 2, yang memungkinkan pengguna membuka Google Assistant lebih cepat, menunda alarm atau menghilangkan suara panggilan telepon masuk.

Gerakan ini membutuhkan tekanan pada bagian hardware yang sensitif agar bisa bekerja. Informasi ini diketahui dari "penelitian" yang dilakukan pada Android P versi developer preview terbaru.

Berbagai komponen untuk Active Edge biasanya dilengkapi kode nama Pixel 2 dan 2XL, tapi kali ini ada tambahan "crosshatch" dan "blueline". Keduanya diyakini sebagai kode nama Pixel 3 XL dan Pixel 3.

Kendati demikian, belum bisa dipastikan apakah seri Pixel 3 akan dilengkapi fitur Active Edge atau tidak. Pasalnya, Google bisa saja menghapus fitur tersebut sebelum smartphone terbarunya dirilis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pixel 3 XL Usung Desain Bezeless dengan Notch?

Gambar prototype Pixel 3 beredar di internet sejak beberapa hari lalu. Berdasarkan gambar diduga Pixel 3 itu, smartphone tersebut memiliki desain layar bezeless dan notch serupa iPhone X.

Gambar ini memperlihatkan Pixel 3 dari berbagai sisi. Pada bagian belakang, terdapat satu kamera utama dan tempat sensor pemindai sisik jari di tengah bodinya.

Pada bagian depan, terlihat notch yang berada di bagian atas layar. Google menempatkan lensa kamera depan di dalam notch tersebut.

3 dari 3 halaman

Pixel 3 Hadir Oktober 2018?

Sama seperti generasi handset Pixel sebelumnya, Google diprediksi akan mengumumkan generasi ketiganya pada Oktober 2018. Sayang, penjualannya akan dilakukan secara terbatas.

Verizon akan menjadi satu-satunya operator Amerika Serikat (AS) yang menjadi mitra penjualan seri Pixel 3 dan Pixel 3 XL. Menurut sumber Bloomberg, konsumen hanya bisa menemukan kedua smartphone itu di channel penjualan Verizon.

Lebih lanjut, sejumlah sumber mengatakan tim engineering yang diakuisisi dari HTC pada tahun lalu, memainkan peran penting dalam mendesain hardware dan software untuk smarrtphone baru tersebut.

Google berencana menggandeng Foxconn untuk memproduksi kedua smartphone Pixel. Foxconn juga merupakan manufaktur kontrak Apple untuk memproduksi iPhone.

Adapun untuk layar, Google dilaporkan telah menjalin kesepakatan dengan LG untuk menyuplai panel OLED dengan notch untuk Pixel 3 XL.

"Kami mempertahankan hubungan dekat dengan Google dan jumlahnya tidak akan jauh berbeda dari yang sebelumnya," tutur sumber internal LG.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.