Sukses

Bos LG Meninggal Dunia, Begini Kisah Sukses Hidupnya

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari sektor elektronik Korea Selatan (Korsel). Chairman LG Koo Bon Moo diberitakan meninggal dunia pada usia 73 tahun Minggu pagi (20/5/2018) di Seoul.

Dilansir The Korea Times, Senin (21/5/2018), Koo Bon Moo wafat pada jam 9:52 waktu setempat setelah menolak melanjutkan menggunakan alat bantu kehidupan.

Koo diketahui berjuang melawan kanker otak pada setahun terakhir. Tahun lalu, ia menjalani beberapa operasi, dan kemudian melakukan perawatan di RS Universitas Nasional Seoul. Pada saat itu, sang adik Koo Bon Joon mengurus manajemen LG.

Chairman LG Koo Bon Moo. Dok: The Korea Times

Koo Bon Moo menggantikan sang ayah, Koo Cha Kyung, pada 1995 silam untuk menjadi Chairman LG. Tangan dingin pria ini mengubah LG dari perusahaan barang rumahan murah menjadi pemain utama di sektor teknologi, telekomunikasi, dan kimia.

Keluarga memutuskan melakukan pemakaman yang sederhana, serta tidak menerima lawatan dan kiriman karangan bunga, sesuai dengan wasiat almarhum.

"Hal ini karena almarhum selalu menghindari formalitas yang rumit dan tak ingin membuat orang lain repot karena dirinya," ucap LG dalam pernyataannya. 

Ia wafat sambil dikelilingi keluarganya, dan meninggalkan istri, dua orang putri, dan putra adopsi bernama Koo Kwang Moo yang menjadi putra mahkota LG.

1 dari 3 halaman

Berhasil Mengurus Perusahaan

Lahir pada 10 Februari 1945, Koo Bon Moo terlebih dulu menamatkan S1 dan S2 di Amerika Serikat (S2). Usai kulias, ia kembali ke negerinya demi mengembangkan Lucky Chemical yang kemudian menjadi LG Chem, perusahaan kimia terbesar di Korsel.

Kemudian, ia ditransfer ke perusahaan elektronik GoldStar pada 1980 yang kemudian melakukan merger dengan Lucky Chemical, dan membentuk LG Corp.

Sukses dengan LG Chem, Koo Bon Moo diangkat menjadi ketua kantor LG di Tokyo.

Ia adalah generasi ketiga dari keluarga konglomerat Koo yang mendirikan LG. Perusahaan tersebut didirikan oleh kakeknya, Koo In Hwoi pada 5 Januari 1947.

2 dari 3 halaman

Tentang Sang Putra Mahkota

Pada 2004, Koo Bon Moo yang tidak memiliki putra mengadopsi Koo Kwang Moo ketika masih anak dari adiknya, Koo Boon Neung.

Menurut Korea Joongang Daily, adopsi tersebut berdasarkan tradisi Konghucu yang mana putra pertama mengambil alih bisnis keluarga.

Koo Kwang Moon yang sekarang berusia 40 tahun bergabung dengan LG pada 2006 sebagai manajer asisten keuangan. Pihak LG menyebut pria itu menjalani pengalaman melalui proses korporat, walaupun bagian dari keluarga pendiri perusahaan.

Ia juga disebut memiliki pribadi bersahabat dan suka menonton pertandingan baseball bersama para koleganya.

Koo Kwang Moo telah mendapat dukungan dari pihak internal LG untuk naik takhta sebagai Chairman baru.

(Tom/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
LG G7 ThinQ Siap Meluncur di Berbagai Negara, Kapan Masuk Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Markas LG Digerebek Aparat, Ada Apa?