Sukses

Apple Investasikan Rp 616 Miliar untuk Developer Academy di Indonesia

Untuk membuka developer academy atau akademi pemrograman di BSD sini, Apple gelontorkan uang sekitar Rp 615 miliar.

Liputan6.com, Tangerang - Buka Developer Academy di Indonesia, Apple menggelontorkan investasi sebesar 44 juta Dolar Amerika. Investasi tersebut hanya untuk pembukaan akademi di kawasan BSD City, Kabupaten Tangerang.

"Investasi (Apple) sekitar 44 juta dolar (Amerika) atau sekitar Rp 616 miliar, untuk membuka akademi pemrograman di BSD sini," ujar Menteri Perindustrian, Erlangga Hartarto, saat di kantor Apple Developer Academy di Green Office Park 9, BSD City, Kabupaten Tangerang, Senin (7/5/2018).

Lanjutnya, investasi itu sudah mencakup dengan fasilitas memadai standar Apple di kawasan tersebut. Terlebih Apple mengincar Indonesia sebagai Developer Academy pertamanya di Asia Tenggara, setelah sebelumnya di Italia dan Brazil.

Makanya,tak hanya di BSD City, Apple juga akan membuka developer academy keduanya di luar Pulau Jawa. "Hanya saja untuk lokasinya dimana belum dibicarakan, kita lihat saja nanti," kata Erlangga.

Meski dalam satu tahun pertama ini Apple hanya membuka pendaftaran untuk sekitar 200 pelajar, pemerintah dikatakan Erlangga menargetkan, tiap tahunnya Apple akan merekrut atau membuka pendaftaran untuk sekitar 600 pelajar.

Sehingga, bisa bermunculan sumber daya manusia yang mampu membuat software yang terhubung dengan sistem Apple. "Jadi mengedepankan SDM dalam negeri, untuk kemudian berkarya di Apple," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempati Area Digital Hub

Apple resmi membuka akademi pemrograman di Indonesia, Senin (7/5/2018). Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Sementara itu, CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, dengan masuknya Apple di kawasannya bakal menjadi magnet bagi tenant-nya yang lain di kawasan tersebut. Nantinya, kantor Apple akan menempati kawasan Digital Hub.

"Sementara menempati gedung di GOP 9 ini, diperkirakan selama 3 tahun. Nantinya akan ada gedung sendiri yang ditempati," tuturnya.

Keberadaan Apple sendiri diakui Michael menjadi daya tarik untuk membangun ekosistem digital itu sendiri. Terbukti, tahun ini akan ada dua global company lainnya yang berencana ikut bergabung di area Digital Hub.

Segala fasilitas pun sudah disiapkan, mulai dari area yang ramah untuk wadah diskusi para programmer atau penggiat digital, serta konektifitas internat yang diklaim sangat mumpuni.

"Patokannya Apple saja mau bergabung dengan kami, bagaimana dengan global company lainnya. Kami tengah garap itu," tutur Michael.

(Pramita Tristiawati/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.