Sukses

Orang Indonesia Paling Doyan Jepret Foto Pakai Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone harus diakui sudah menjadi perangkat yang tak dapat dipisahkan oleh kehidupan saat ini, tak terkecuali di Indonesia.

Terlebih, perangkat ini sudah dapat digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari komunikasi hingga bekerja.

Untuk di Indonesia sendiri, kegiatan yang paling sering dilakukan pengguna smartphone adalah untuk keperluan mengambil foto atau video.

Data ini diketahui dari hasil riset yang baru saja dikeluarkan oleh We Are Social beberapa waktu lalu.

Dilansir We Are Social, Rabu (25/4/2018), mayoritas pengguna smarpthone Tanah Air ternyata memanfaatkan perangkatnya untuk mengambil foto atau video.

Ada 44 persen responden yang mengaku memakai perangkatnya untuk mengambil gambar atau video.

Kegiatan lain yang juga banyak dilakukan adalah membaca berita dengan persentase mencapai 18 persen dari keseluruhan responden.

Uniknya, tak sedikit pula yang mengaku banyak menggunakan smartphone-nya untuk memanfaatkan fungsi jam alarm.

Berdasarkan data, ada 17 persen responden menyebut dirinya kerap menggunakan smartphone sebagai alarm. Selain itu, ada pula sekitar 6 persen yang memanfaatkan smartphone untuk mengatur jadwal atau membuat catatan.

Tiga aktivitas lain yang cukup banyak dilakukan pengguna smartphone Indonesia adalah mengecek kondisi cuaca, mengetahui kondisi kesehatan atau aktivitas lain, termasuk membuat daftar tugas atau belanja.

Ketiga kegiatan itu dilakukan oleh sekitar 4 persen responden dalam survei. Terakhir, ada kegiatan membaca e-book atau e-magazines yang hanya dilakukan oleh 3 persen responden.

Adapun sumber ini diperoleh dari Google Consumer Barometer yang dilakukan pada Januari 2018. Sementara data yang diperoleh berdasarkan survei pada pengguna smartphone yang sudah dewasa.

1 dari 3 halaman

Kecepatan Internet di Indonesia

Sekadar informasi, dalam studi ini We Are Social juga mengungkap kecepatan rata-rata internet di Indonesia. Hasilnya, kecepatan rata-rata yang dapat dicapai oleh internet dengan koneksi fixed adalah 13,79Mbps.

Sementara kecepatan rata-rata dari penggunaan koneksi mobile adalah 9,82Mbps. Adapun smartphone menjadi perangkat yang paling banyak digunakan responden di kala mengakses internet.

Berdasarkan perhitungan, ada 81 persen responden yang memanfatkan smartphone untuk berselancar di internet. Sementara untuk responden yang mengakses internet dari komputer dari tablet hanya 3 persen.

Sejumlah responden juga mengaku masih mengakses internet dari smartphone atau komputer. Kendati demikian, responden yang menggunakan dua perangkat ini tak banyak, hanya sekitar 6 persen.

2 dari 3 halaman

Data Pengguna Internet di Indonesia

Sekadar informasi, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 132,7 juta dengan penetrasi mencapai 50 persen dari keseluruhan populasi. Adapun total populasi Indonesia sekarang ada 265,4 juta.

Sementara pengguna aktif media sosial di Indonesia ada sekitar 130 juta. Jumlah itu mencatat penetrasi sekitar 49 persen dari total populasi saat ini.

Pengguna mobile yang unik di Indonesia mencapai 177,9 juta dengan penetrasi sekitar 67 persen. Adapun pengguna mobile yang aktif secara sosial mencapai 120 juta.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
5 Kesalahan Besar Ketika Beli Smartphone
Artikel Selanjutnya
Advan i6 Resmi Meluncur dengan Layar Kekinian