Sukses

Apple Lepas iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Berkelir Merah

Sama seperti tahun sebelumnya, Apple kembali merilis iPhone 8 edisi khusus yang ditujukan untuk membantu penanganan HIV AIDS di Afrika.

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti tahun sebelumnya, Apple kembali merilis iPhone khusus dalam balutan warna merah di tahun ini. Kali ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu merilis iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Untuk informasi, warna khusus ini merupakan bagian kerja sama antara Apple dengan RED, grup advokasi yang menaruh perhatian untuk melawan HIV/AIDS di Afrika.

Dikutip dari The Verge, Selasa (9/4/2018), sebagian dari penjualan ini nantinya akan disumbangkan ke kelompok tersebut.

Meski sama-sama tampil dengan warna merah, model iPhone 8 RED kali ini mengusung desain yang berbeda. Apabila iPhone 7 tahun lalu menggunakan balutan warna putih di bagian depan, edisi tahun ini, Apple memilih memadukannya dengan warna hitam.

Apple sudah membuka program pre-order untuk edisi spesial ini mulai 10 April 2018 dan langsung dipasarkan pada 13 April 2018. Untuk harga, iPhone 8 dengan memori 64GB dibanderol US$ 699, sedangan iPhone 8 Plus akan dijual US$ 799.

Bersamaan dengan peluncuran iPhone 8 berkelir merah, Apple juga merilis casing kulit berwarna merah untuk iPhone X dan sudah tersedia di pasaran mulai 10 April. Adapun beberapa negara yang dipastikan kedatangan edisi khusus RED ini adalah Tiongkok, Kanada, Jerman, dan Singapura.

"Edisi spesial iPhone RED ini memiliki kombinasi warna merah dan hitam yang mencolok sekaligus menawarkan kesempatan bagi konsumen untuk membuat dampak dalam upaya penanganan HIV dan AIDS," tutur VP Product Marketing Apple, Greg Joswiak.

RED pertama kali dibangun oleh vokalis U2 Bono bersama dengan aktivis ONE Bobby Shriver. Lantas, nama itu dijadikan semacam lisensi untuk produk perusahaan lain untuk membantu melawan HIV/AIDS di delapan negara Afrika, yakni Ghana, Kenya, Lesotho, Rwanda, Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, dan Zambia.

Apple sendiri dikenal sudah beberapa kali merilis perangkat yang masuk dalam lini produk RED, mulai dari iPod, iPad, termasuk case. Tahun lalu, perusahaan merilis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus untuk masuk dalam lini RED ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPhone 7 Merah Hadir di Indonesia

Sekadar informasi, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus berkelir merah ini juga masuk di Indonesia. Ketika itu, Smartfren menawarkannya dengan melakukan pembelian paket di galeri Smartfren tertentu.

Paket ini terdiri dari kuota data, kuota chat, menelepon ke operator lain, menelepon ke sesama operator, dan SMS ke semua operator.

Dalam tiga paket tersebut, Smartfren juga menawarkan cashback atau potongan harga sesuai dengan paket yang pelanggan pilih.

Ada tiga paket yang ditawarkan oleh Smartfren, yakni iPlan 250, iPlan 350, dan iPlan 485. iPlan 250 mendapatkan cashback Rp 2,5 juta, iPlan 350 Rp 3 juta, dan iPlan 485 Rp 4,5 juta.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Untuk desain, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sebenarnya tak terlalu berbeda dari sang pendahulunya. Namun, kali ini Apple menggunakan kaca di bagian depan dan belakang bodi smartphone ini.

Hadir dengan prosesor terbaru yang berbekal kecerdasan buatan, A11 Bionic, Apple mengklaim kemampuan prosesor ini lebih cepat 25 persen dari pendahulunya. Kedua smartphone ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni gold, space gray, dan silver.

Untuk ukuran, iPhone 8 masih memiliki bentang layar 4,7 inci, sedangkan iPhone 8 Plus mempunyai layar 5,5 inci. Kedua layar perangkat tersebut juga untuk kali pertama menggunakan teknologi True Tone Display yang menawarkan pengalaman lebih menarik.

Dari sisi kamera, iPhone 8 hadir dengan kamera utama beresolusi 12MP yang dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS). Sementara iPhone 8 Plus memiliki dua kamera beresolusi 12MP di belakang, yang masing-masing memiliki aperture f/1.8 dan f/2.8.

Untuk meningkatkan kemampuan modus portrait di smartphone ini, Apple turut menghadirkan fitur Portrait Lighting. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan untuk menghasilkan gambar portrait yang paling diinginkan.

Apple juga mendesain perangkat ini untuk kebutuhan augmented reality. Hal itu dimungkinkan karena perusahaan membenamkan sensor accelerometer dan gyroscope baru. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga dipastikan telah mendukung pengisan daya nirkabel.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.