Sukses

Xiaomi Mi Note 4 Bakal Diperkuat Prosesor Snapdragon 670?

Liputan6.com, Jakarta - Prosesor Snapdragon 670 belum diperkenalkan secara resmi. Kendati demikian, sudah beredar rumor soal dua smartphone Xiaomi yang diperkirakan menggunakan prosesor tersebut.

Info ini datang dari pimpinan redaksi XDA Developers Mishaal Rahman. Dalam cuitan yang diunggahnya baru-baru ini, Rahman menyebut perusahaan Tiongkok itu memiliki dua perangkat yang dibekali prosesor Snapdragon 670 dan kini masih dalam tahap pengembangan.

Dia juga mengatakan, kode nama kedua smartphone yang dimaksud masing-masing adalah "Comet" dan "Sirius".

Mengutip laman Gizmochina, Selasa (10/4/2018), jika ditebak perangkat yang dimaksud Rahman kemungkinan adalah Xiaomi Mi Note 4.

Hal tersebut cukup masuk akal mengingat pendahulunya, yakni Mi Note 3 sebelumnya ditopang dengan prosesor Snapdragon 660. Sementara, smartphone lain yang diduga dibekali prosesor serupa adalah Mi Max 3.

Sayangnya karena perilisan kedua smartphone ini kemungkinan masih beberapa bulan lagi, tentunya siapapun harus rela menunggu jawabannya.

Terpisah dari kode nama kedua smartphone Xiaomi ini, terkonfirmasi bahwa prosesor Snapdragon 670 memiliki komposisi inti CPU 2+6.

Sebelumnya pada Februari 2018, dilaporkan oleh Winfuture.de bahwa prosesor Snapdragon 670 tidak akan menggunakan komposisi inti 4+4. Alih-alih masing-masing 4 inti, Snapdragon 670 ditopang dengan dua inti berkinerja tinggi dan enam inti berkinerja lebih rendah.

 

 

1 dari 3 halaman

Snapdragon 670

Meski berbeda 'kelas' dengan Snapdragon 845, Snapdragon 670 terbukti punya kinerja yang cukup baik. Prosesor diuji lewat situs benchmark Geekbench ke perangkat berbasis sistem operasi Android Oreo dengan RAM 6GB.

Dalam pengujian single core, Snapdragon 670 mampu mencetak skor 1.863, sedangkan pada pengujian multi core prosesor ini mengantongi skor 5.256. Kedua skor tersebut tentu terbilang tinggi.

Walau demikian, tidak ada informasi detail terkait Snapdragon 670, seperti spesifikasi detail dan kemampuan apa saja yang dimiliki. Namun, berdasarkan rumor yang beredar belum lama ini, prosesor akan memiliki pabrikasi 10nm.

 

2 dari 3 halaman

Dukung Kemampuan Kamera 26MP

Lebih lanjut, rumor menyebutkan Qualcomm membangun prosesor ini dari empat inti Kryo 360 Gold dan empat inti Kryo 385. Prosesor juga disematkan kartu grafis GPU Adreno 620.

Selain itu, prosesor juga akan dibekali modem Snapdragon X16 LTE dan Image Signap Processor Spectra 260 ISP yang juga dapat mendukung kamera dengan resolusi hingga 26MP.

Sayang, belum ada informasi kapan prosesor ini akan diumumkan. Kabarnya Snapdragon 670 bakal diluncurkan bersama dengan seri lainnya, yakni Snapdragon 640 dan 460.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ingin Sukses? Bos Xiaomi: Jangan Tamak
Artikel Selanjutnya
Vendor Smartphone Tiongkok Bakal Lebih Agresif Tahun Ini