Sukses

Apple Rilis iPad Anyar 9,7 Inci untuk Dukung Pendidikan

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran iPad terbarunya yang berukuran 9,7 inci. Perangkat ini unik karena menjadi iPad paling terjangkau saat ini dan sudah mendukung Apple Pencil.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (29/3/2018), tablet ini akan dibanderol dengan harga mulai dari US$ 329 (Rp 4,5 juta) untuk pelanggan biasa dan US$ 299 (Rp 4,1 juta) untuk sekolah, dan sudah dijual dan langsung tersedia pada minggu ini.

Keputusan Apple untuk menghadirkan iPad dengan harga terjangkau bukannya tanpa alasan. Perusahaan yang berbasis di Cupertino itu memang menargetkan pelajar sebagai pengguna tablet ini.

"iPad merupakan visi kami untuk komputasi depan, baik untuk pekerjaan, sekolah, dan bermain. iPad anyar ini menghadirkan semua yang disukai orang mengenai Apple ditambah untuk kebutuhan belajar dan menuangkan kreativitas," VP Product Marketing Apple, Greg Joswiak.

Untuk spesifikasi, perangkat anyar ini dibekali dengan chip fusion A10 yang diklaim mampu menawarkan performa kecepatan dan grafis yang lebih. Kamera depan dan kamera belakangnya didukung kemampuan low light termasuk perekaman video HD dan memindai dokumen.

Apple mengumumkan iPad anyar ini akan langsung dijual dan dikapalkan ke 25 negara. Beberapa negara yang akan mendapatkan tablet ini adalah Australia, Kanada, Tiongkok, Irlandia, Italia, Jepang, dan Thailand.

2 dari 3 halaman

iPad 2018

Banyak pihak memperkirakan iPad terbaru pada tahun ini akan memiliki perubahan yang signifikan dibandingkan seri terdahulu.

Prediksi muncul karena kode yang ditemukan di versi terbaru iOS beta untuk iPad, merujuk pada desain "Modern".

Ini bukan kali pertama Apple menggunakan kata "Modern" pada produknya. Sebelum iPhone X diumumkan, Apple menyebut smartphone tersebut sebagai "iPhone modern".

Alhasil, penyebutan "iPad modern" membuat tablet Apple untuk tahun ini diperkirakan memiliki desain serupa iPhone X.

Berdasarkan sejumlah informasi yang beredar, iPad terbaru akan memiliki fitur Face ID dan layar edge-to-edge seperti yang dimiliki iPhone X.

Tablet tersebut kemungkinan tidak akan menggunakan panel OLED, melainkan LCD. Hal ini disebabkan biaya produksi OLED lebih tinggi dan produksinya tidak semudah LCD.

Merujuk pada dokumen EEC, dua model tablet terbaru Apple akan hadir sebagai iPad Pro dengan layar berukuran 10,5 dan 12,9 inci.

3 dari 3 halaman

Apple Bakal Rilis Dua iPad Pro Terbaru

Apple juga dilaporkan sedang menyiapkan dua iPad terbaru. Laporan ini muncul karena belum lama ini ada dua model iPad dengan nomor kode A1893 dan A1954, yang mendapatkan persetujuan dari Eurasian Economic Commision (EEC).

Dilansir Apple Insider, Jumat (23/2/2018), nomor model tersebut tidak ada hubungan sama sekali dengan varian iPad yang telah dijual saat ini.

Semua perangkat memiliki awalan "CC" dan "AA" di depan nomor modelnya. Ini merupakan kali pertama Apple mendapatkan izin EEC untuk sampel.

Pihak Apple sendiri sejauh ini belum memberikan teaser atau konfirmasi terkait kehadiran iPad terbaru. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu memang dikenal enggan mengomentari berbagai rumor tentang produk yang belum diumumkan.

Kendati demikian, Apple diyakini akan merilis varian baru iPad pada tahun ini. Terlebih lagi, perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu belum menunjukkan tanda-tanda menyerah di pasar tablet.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
2020, Apple Bakal Rilis iPhone Lipat?
Artikel Selanjutnya
Apple Siap Atasi Bug yang Buat Siri Ungkap Pesan Tersembunyi