Sukses

Tips Ciptakan Momen Epik dengan Fitur Super Slow-Mo Galaxy S9

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja melakukan penjualan perdana untuk Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Indonesia pekan lalu. Smartphone premium ini hadir dengan sejumlah fitur anyar yang menarik untuk dicoba.

Salah satu fitur andalan dari Galaxy S9 adalah perekaman super slow motion. Berbeda dari fitur serupa lainnya, fitur ini mampu menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Kemampuan perekaman ini juga diakui oleh salah seorang fotografer kenamaan, Tito Rikardo. Co-founder TheUpperMost Photography ini menyebut kemampuan Galaxy S9 untuk membuat video 4 kali lebih lambat mampu menghasilkan konten yang lebih dramatis.

"Inilah kamera smartphone dengan citarasa profesional, yang mampu mengabadikan momen keindahan sehari-hari menjadi kenangan epik. Bagi saya, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ menjadi pilihan terbaik smartphone saat ini," tuturnya dalam keterangan resminya, Sabtu (24/3/2018).

Fitur ini juga dilengkapi kemampuan Motion Detection otomatis, yakni fitur cerdas untuk mendeteksi gerakan objek dalam tiap tangkapannya secara otomatis. Tito pun berbagi tips membuat konten slow motion yang epik dengan Galaxy S9 dan Galaxy S9+, seperti berikut ini:

1. Sama seperti pengambilan gambar umumnya, pencahayaan juga menjadi faktor penting untuk menghasilkan video slow motion yang baik. Sementara, kemampuan 960 fps Galaxy S9 mampu menangkap gambar sangat cepat, termasuk kedipan lampu pijar dan neon.

Karenanya, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya pengambilan gambar dilakukan dalam kondisi pencahayaan yang baik.

2. Menghadirkan pergerakan dari dua benda berbeda pada video slow motion dapat membuat efek lebih dramatis. Misalnya, saat kepalan petinju mengenai pipi lawan tarungnya atau saat sebuah apel jatuh di mangkuk berisi air.

3. Penyertaan musik latar yang sesuai dengan konten video, sehingga menghadirkan kesan yang lebih mendalam, berkesan, dan menyenangkan. 

Samsung sendiri sudah membekali fitur ini dengan 35 pilihan musik latar berbeda. Pengguna juga dapat menambahkan lagu dari playlist favorit mereka.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Galaxy S9 dan Galaxy S9+ untuk Fotografi

Tito yang telah menekuni bidang fotografi selama lebih dari 10 ini juga mengaku sebagai pengguna setia Samsung Galaxy S karena inovasi kamera yang ditawarkan. Ia kerap menggunakan kamera smartphone untuk menangkap momen seru yang terjadi sehari-hari.

"Bagi saya, tiap momen memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Karenanya, kehadiran smartphone dengan kualitas kamera mumpuni, membantu saya menangkap beragam momen keseharian yang terjadi kapan saja dengan lebih epik," tuturnya.

Menurut Tito, dual aperture yang dimiliki Galaxy S9 juga membantu dirinya menangkap berbagai pemandangan cantik dengan kualitas sangat baik, terutama saat ia sedang tak membawa kamera DSLR.

Untuk spesifikasi, kamera duo Galaxy S9 memang hadir dengan dual aperture. Menurut Director of Product Marketing Samsung Jonathan Wong, merupakan fitur kamera paling inovatif saat ini.

Dengan kemampuan dual aperture, kamera smartphone ini mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya saat memotret. Wong mengibaratkan cara kerja dual aperture ini seperti cara kerja mata manusia melihat.

Dual aperture Galaxy S9 adalah F1.5. Dengan pengaturan tersebut, kamera perangkat ini memiliki bukaan besar untuk mengakomodasi foto dalam kondisi minim cahaya.

Kehadiran aperture besar (F1.5) pada Galaxy S9 ini merupakan yang pertama kalinya hadir pada smartphone. Tujuannya adalah menghadirkan fotografi low light yang lebih baik.

Sementara untuk Galaxy S9 yang memiliki dua lensa, Samsung menghadirkan aperture kedua, yakni F2.4. Karena itu, smartphone ini tetap bisa memotret dengan baik dalam kondisi cahaya normal.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Galaxy S9 dan Galaxy S9+

Untuk spesifikasi, duo Galaxy S9 di Indonesia melenggang dengan prosesor Exynos 8910. Terkait memori, Galaxy S9 dibekali RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal 64GB.

Sementara, Galaxy S9 Plus memiliki RAM 6GB dengan pilihan ruang penyimpanan 64GB dan 256GB. Keduanya didukung ruang penyimpanan eksternal melalui slot microSD hingga 400GB.

Galaxy S9 juga dibekali sertifikat IP68 yang tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Selain itu, fitur-fitur lain yang dihadirkan Galaxy S9 antara lain adalah speaker berkualitas tinggi dengan teknologi AKG dan Dolby Atmos.

Seperti Galaxy S8, pada Galaxy S9 juga ada asisten pintar virtual Bixby yang kememampuan AR-nya diperbarui, sehingga proses penerjemahan bisa dilakukan secara real-time.

Soal kapasitas daya, Galaxy S9 memiliki baterai 3.000mAh dan Galaxy S9 Plus memiliki baterai 3.500mAh. Pengisian dayanya dilakukan melalui kabel USB Type C. Selain itu, Galaxy S9 juga dilengkapi koneksi NFC dan Bluetooth 5.0.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Teknologi Pengenalan Wajah ala iPhone X Bakal Hadir di Samsung Galaxy S10?
Artikel Selanjutnya
Samsung dan Disney Kolaborasi, AR Emoji di Duo Galaxy S9 Kian Lucu