Sukses

Samsung Galaxy Note 8 Mulai Cicipi Android Oreo

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, semakin banyak smartphone mendapakan pembaruan sistem operasi (OS) Android Oreo. Samsung pun tak mau ketinggalan untuk memberikan OS Android terbaru itu untuk jajaran perangkatnya.

Dilansir GSM Arena, Kamis (22/3/2018), Android Oreo akhirnya mulai dirilis untuk seri Samsung Galaxy Note 8. Seorang pengguna di Prancis dilaporkan telah mendapatkan pemberitahuan untuk OS tersebut dan bukan versi beta.

Peluncuran Android Oreo ini lebih awal daripada jadwal yang ditetapkan sebelumnya. Samsung beberapa waktu lalu menjadwalkan Galaxy Note 8 akan mendapatkan Android 8.0 Oreo mulai 30 Maret 2018.

Pembaruan OS tersebut juga dilengkapi patch keamanan untuk bulan ini, serta Samsung Experience 9.0.

Samsung Experience terbaru ini berguna untuk meningkatkan berbagai fitur pada smartphone tersebut, termasuk keyboard, pencarian, pengaturan dan kontak.

Galaxy Note 8 merupakan salah satu seri flagship smartphone Samsung pada 2017. Smartphone ini dirilis pada periode semester II 2017, sedangkan seri flagship Galaxy S8 hadir pada awal tahun yang sama. Samsung setiap tahun selalu merilis flagship dari seri Galaxy S dan Note.

1 dari 3 halaman

Jajaran Smartphone Flagship Cicipi Android Oreo

Selain Galaxy Note 8, flagship dari LG yaitu V30 dan G6 juga dipastkan akan mendapatkan Android Oreo. LG pada bulan lalu mengumumkan keduanya akan mendapatkan pembaruan software ke Android 8.1 Oreo.

Selain itu, keduanya juga telah mendapatkan sertifikasi dari Google untuk program Android Enterprise Recommended.

Program Android Enterprise Recommended bertujuan membantu pelaku bisnis berinvestasi pada perangkat dan layanan Android yang tepat.

Google hanya menyertakan para mitra top yang dianggap "enterprise-ready", termasuk smartphone premium LG V30 dan G6.

Untuk berada di dalam program Android Enterprise Recommended, LG setuju untuk segera memperbarui dua perangkat tersebut ke OS Android 8.1 Ore. OS tersebut merupakan software terbaru yang dirilis oleh Google dengan berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

2 dari 3 halaman

Android P Versi Developer Hadir

Terlepas dari peluncuran Android Oreo untuk jajaran smartphone, Google saat ini sedang menyiapkan suksesornya. Bahkan berdasarkan laporan pada awal bulan ini, Google telah resmi merilis Android P versi developer preview.

Versi ini akan lebih fokus pada perubahan Android, yang dapat berhubungan langsung dengan developer (pengembang).

VP Engineering Google, Dave Burke, juga menyebut versi ini merupakan tahap awal yang ditujukan hanya untuk pengembang.

Pada tahap awal ini, ada sejumlah perubahan besar yang kemungkinan akan hadir saat versi final. Salah satu yang mencuri perhatian adalah perubahan tampilan jam yang digeser ke bagian kiri layar, dari yang sebelumnya berada di sisi kanan.

Perubahan tampilan Android P ini untuk mengakomodasi model smartphone Android, yang memiliki notch seperti iPhone X. Jadi, nanti penanda jam dan notifikasi akan diletakkan di bagian sisi kiri layar.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 9 Bakal Hadir dengan RAM 8GB dan Memori 512GB?
Artikel Selanjutnya
Skor Samsung Galaxy Note 9 Versi Exynos 9810 Bocor di Geekbench