Sukses

Apple Bakal Suguhkan Desain Baru untuk iPhone 2019?

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan sedang berusaha agar bisa merilis iPhone pada 2019 tanpa fitur notch. Menurut laporan, absennya notch pada iPhone akan membuat smartphone tersebut tampil dengan desain yang lebih biasa.

Dilansir Softpedia, Senin (12/3/2018), Apple saat ini dilaporkan sedang berdiskusi dengan para mitranya agar iPhone terbaru pada tahun depan bisa hadir tanpa notch. Sayangnya, belum ada informasi yang lebih rinci tentang rencana Apple ini.

"Apple memutuskan menghilangkan notch untuk tahun depan dan sudah mulai mendiskusikan berbagai hal teknisnya dengan para mitra penyuplai," ungkap sumber yang identitasnya minta dirahasiakan.

Seandainya Apple menghilangkan notch pada tahun depan, maka perusahaan hanya menggunakan teknologi yang cukup kontroversional itu selama dua tahun.

Keputusan tersebut dinilai patut dipertanyakan, mengingat Apple sudah menginvestasikan banyak hal termasuk dari sisi finansial dan riset untuk menghadirkan notch pada iPhone X tahun lalu.

Sejauh ini, pihak Apple belum mengeluarkan pernyataan tentang iPhone untuk tahun depan. Seperti diketahui, perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dikenal sangat menjaga rahasia internal dan para eksekutifnya enggan mengomentari rumor.

1 dari 3 halaman

Analis Pangkas Prediksi Produksi iPhone X

Terlepas dari laporan iPhone 2019, iPhone X yang dirilis pada tahun lalu masih menyita banyak perhatian hingga saat ini. Menurut berbagai laporan, Apple berencana memangkas produksi smartphone flagship terbarunya itu. Analis pun berpendapat demikian.

Analis dari JP Morgan, Narci Chang, memangkas estimasi produksi smartphone paling premium Apple tersebut. Chang memangkas prediksi produksi iPhone X sepanjang semester I 2018.

Chang kini memperkirakan Apple akan memproduksi 15 juta unit iPhone X pada kuartal I, lebih rendah 25 persen dibanding prediksi awal. Untuk kuartal II, ia menurunkan perkiraannya sebesar 44 persen dengan 10 juta unit iPhone X yang diperkirakan meluncur di lini perakitan. Awalnya, Chan memperkirakan akan ada 18 juta unit iPhone X yang diproduksi sepanjang April-Juni 2018.

iPhone X merupakan smartphone termahal yang dijual Apple dalam 10 tahun terakhir. Harga jualnya dimulai dari US$999.

Sama seperti sejumlah smartphone Apple lainnya, iPhone X berhasil mendapatkan perhatian besar. Selain spesifikasi dan desain, faktor lain yang mendongkrak popularitasnya karena sekaligus sebagai bentuk perayaan 10 tahun Apple di pasar smartphone.

2 dari 3 halaman

Prediksi Pemangkasan Produksi iPhone X Terus Berhembus

Penjualan iPhone X beberapa waktu lalu diklaim melampui ekspektasi, tapi Apple berulang kali dilaporkan akan memangkas jumlah produksi smartphone tersebut pada tahun ini. Salah satu laporan menyebutkan, pemangkasan produksi iPhone X tidak akan mencapai 50 persen, seperti yang sudah diberitakan sebelumnya.

Seorang sumber dari rantai suplai Apple mengatakan, pemangkasan produksi tidak sebesar yang diberitakan belakangan ini. Sebelumnya beredar laporan, Apple berencana mengurangi produksi iPhone X sebesar 50 persen karena penjualannya jauh dari ekspektasi.

"Menurut pemahaman kami, (pengurangan produksi) tidak sebesar itu," jelas Vice Chariman Murata, Yoshitakan Fujita.

Murata Manufacturing Co merupakan penyuplai berbagai material untuk smartphone yang dibuat oleh Apple dan Samsung. Perusahaan asal Jepang itu belum melihat adanya penurunan pesanan dari Apple hingga 50 persen.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
iPad Pro dengan Face ID Akan Diumumkan di WWDC 2018
Artikel Selanjutnya
Produsen Android Tiongkok Tak Bisa Jiplak Face ID Apple