Sukses

Google Uji Coba Tampilan Baru untuk Mesin Pencarian?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu mesin pencarian paling banyak digunakan, Google, kabarnya akan mendapatkan pembaruan dalam hal tampilannya.

Lama tidak ada pembaruan tampilan, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat (AS) ini dikabarkan sedang melakukan uji coba terbatas tampilan layout baru (User Interface, UI) Google Search.

Kabar ini muncul setelah salah satu pengguna Reddit mem-posting screenshot tampilan muka baru mesin pencarian Google itu.

Dikutip dari laman The Next Web, Rabu (7/3/2018), UI baru yang sedang diujicoba ini tampak perbedaan yang signifikan.

Seperti yang bisa kamu lihat gambar di atas, tampak bagian border (pembatas) lebih jelas di tiap hasil pencarian, dan card-box yang lebih modern.

Sebelumnya, Google sudah lebih dulu melakukan perubahan UI untuk YouTube dan perambannya, Chrome, baik versi mobile ataupun PC.

Terlepas dari konsep material desain untuk produk-produknya, Google juga baru saja melakukan perubahan terhadap perlindungan hak cipta.

Sekarang, pengguna diharuskan mengakses website milik kreator dan mengambil gambar langsung dari sana.

1 dari 2 halaman

Google Hapus Fitur View Images, Kenapa?

Logo Google. (Doc: Daily Express)

Sering melihat atau menyimpan gambar lewat Google? Mungkin sekarang kamu tak lagi bisa melakukannya langsung.

Pasalnya, Google baru saja mengumumkan telah menghapus fiturnya yang bernama 'View Images' ini.

Melalui Twitter-nya, Google mencuit kalau mereka memang telah menghapus fitur tersebut langsung dari laman pencariannya.

Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi," tulis Google.

"Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi," tambahnya menjelaskan.

 Untuk informasi, fitur View Image yang hadir berupa tombol ini memang membantu pengguna yang sedang mencari gambar untuk melihat gambar secara keseluruhan dalam format aslinya, dan bisa disimpan langsung tanpa harus lebih dulu mengunjungi situs yang memuat gambar tersebut.

Menurut informasi yang dilansir The Verge, Senin (19/2/2018), upaya ini merupakan langkah Googleuntuk melindungi hak cipta fotografer serta tanggapan terhadap kritik dari para fotografer dan perusahaan penyedia foto seperti Getty Images. 

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Terima Usulan Nyepi Tanpa Internet, Ini Kata Menkominfo
Artikel Selanjutnya
Ramai Dibicarakan Warganet, Kemkominfo Bakal Atur Situs Internet Positif