Sukses

Tahun Baru Imlek, Shio Anjing Muncul di Google Doodle

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari ini, Jumat (16/2/2018), juga dimeriahkan oleh Google lewat Google Doodle.

Raksasa teknologi itu kembali menghadirkan Google Doodle dengan menghias laman pencariannya dengan animasi karakter anjing tanah beserta sejumlah hewan lain dan beberapa lampion yang tersusun dari kata "Google".

Adapun alasan meng-highlight anjing di tengah-tengah Google Doodle tak lain karena 2018 merupakan tahun yang berkaitan dengan shio anjing, atau lebih spesifiknya Anjing Tanah.

Perlu diketahui, lambang-lambang zodiak khas Tiongkok saat Imlek memang selalu memiliki satu dari lima elemen, yaitu api, air, tanah, kayu, dan emas.

Bagi yang merayakan Tahun Baru Imlek, ini merupakan hari dimana sekeluarga membersihkan rumah mereka, berkumpul bersama dan menikmati berbagai macam makanan yang khas.

Seperti perayaan Idul Fitri dan Natal, ini merupakan hari dimana kerabat yang lebih tua dan berkeluarga mengajukan berbagai macam pertanyaan, seperti apakah sudah memiliki pacar, kapan menikah, dan kapan memiliki anak bagi yang baru saja menikah.

Pun demikian, Tahun Baru Imlek selalu ditandai dengan kemeriahan berbagai macam petasan dan betapa elegannya tarian singa yang ditampilkan diberbagai tempat.

Selamat Tahun Baru Imlek, Gong Xi Fa Cai! 

1 dari 3 halaman

Daftar Tahun yang Berkaitan dengan Shio Anjing

Dalam 50 tahun terakhir, berikut daftar tahun yang mendapat shio anjing:

1. 1958 (Anjing Tanah)

2. 1970 (Anjing Emas)

3. 1982 (Anjing Air)

4. 1994 (Anjing Kayu)

5. 2006 (Anjing Api)

2 dari 3 halaman

Shio Naga Lebih Sukses? Mitos atau Fakta?

Di kalangan orang-orang Tionghoa, tahun naga diyakini sebagai simbol kesuksesan, hal tersebut memunculkan anggapan bila anak-anak yang dilahirkan ber-shio naga diyakini bakal sukses dan beruntung di kemudian hari.

Keyakinan terhadap kesuksesan anak yang lahir di tahun naga membuat ledakan angka kelahiran di Tiongkok meningkat pada 2002 dan 2012. Hal serupa pun terjadi di Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia.

Anak-anak yang lahir di tahun naga cenderung lebih sukses di bidangnya. Fakta tersebut terkuak dalam studi dari Naci Mocan dan Han Yu, seperti mengutip dari laman Economist.

Menurut studi yang dilakukan ekonom asal Louisiana State University, Amerika Serikat, terhadap 15 ribu anak-anak sekolah di Tiongkok, mereka yang lahir di tahun naga cenderung berprestasi di sekolah.

Nilai bahasa Mandarin serta bahasa Inggris anak-anak yang lahir di tahun naga cenderung gemilang dibanding anak yang tidak lahir di tahun naga.

Percaya atau tidak percaya, harus diingat bahwa ada orang-orang sukses yang lahir dari setiap zodiak. Contohnya, Arnold Schwarzenegger lahir di tahun shio babi, sementara Miley Cyrus, Selena Gomez, dan Demi Lovato semuanya lahir di tahun shio monyet.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
8 Tagar Favorit Warganet yang Sering Dipakai di Awal Ramadan
Artikel Selanjutnya
Warganet Doyan Streaming Selama Ramadan di Twitter