Sukses

Nokia 5 dan 6 Mulai Cicipi Android Oreo

Liputan6.com, Jakarta - Pemegang merek Nokia, HMD Global, menepati janjinya untuk merilis pembaruan Android Oreo ke sejumlah perangkat. Terbaru, perusahaan asal Finlandia itu mulai menggulirkan pembaruan untuk Nokia 5 dan Nokia 6.

Informasi ini diungkap langsung oleh Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas, melalui akun Twitter-nya. "Lebih manis dan lebih lembut. Nokia 5 dan Nokia 6 resmi bergabung ke keluarga Android Oreo," tulisnya.

Namun, Sarvikas mengingatkan, jadwal rilis Android Oreo ini akan dilakukan secara bertahap untuk menjamin kualitas.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (2/2/2018), kapasitas pembaruan ini berukuran 1,6GB, tetapi belum dapat dipastikan versi patch keamanan yang dibenamkan.

Sekadar informasi, Nokia 6 sendiri sudah memasuki proses pengujian Beta Labs Android Oreo pada Desember 2017. Ketika itu, pengguna diminta untuk mendaftar karena Beta Labs tak bisa diakses oleh semua orang.

Melalui pengujian itu, HMD Global bisa mengatasi bug sebelum software rilis untuk seluruh pengguna Nokia 6. Program Beta Labs pertama kali diumumkan HMD Global pada Oktober 2017.

Program tersebut memberikan akses awal untuk pengujian versi beta Android 8.0 Oreo. Saat itu, program ini diumumkan tidak hanya untuk pengguna Nokia 8, tapi juga Nokia 3,5, dan 6.

1 dari 3 halaman

Android Oreo Beta untuk Nokia 3 Segera Hadir

Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas, juga mengatakan program pengujian beta untuk Nokia 3 sedang disiapkan.

Hal ini disampaikannya bersamaan dengan pengumuman Nokia 2 yang akan mendapatkan Android Oreo versi 8.1.

"Nokia 2 juga (update ke Oreo), tapi akan langsung ke 8.1 untuk mendapatkan fitur pengoptimalan memori karena ini adalah perangkat dengan RAM 1GB. Nokia 3 Beta Labs akan segera hadir," tulis Sarvikas di akun Twitter miliknya.

Namun, ia menyanggah, smartphone ini masuk dalam program Android Go dari Google. Fitur manajemen memori yang terintegrasi dan sejumlah peningkatan yang ada di Android 8.1 mirip Android Go, sehingga lebih tepat digunakan di Nokia 2.

2 dari 3 halaman

HMD Punya Kejutan Spesial Bulan Depan

HMD Global memang semakin agresif mempromosikan smartphone Nokia. Selain terus merilis smartphone terbaru Nokia, HMD juga akan memberikan kejutan di pagelaran Mobile World Congress (MWC) pada Februari 2018.

Rencana kejutan HMD ini disampaikan langsung oleh Sarvikas melalui akun resmi Twitter. "Kami sedang sibuk untuk persiapan MWC 2018. Silakan harapkan ini menjadi luar biasa," tulisnya.

Sayangnya, Sarvikas tidak merinci kejutan yang akan diumumkan oleh HMD dalam acara tersebut. Namun berdasarkan laporan, perusahaan asal Finlandia itu akan mengumumkan sejumlah smartphone baru. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Setelah Nokia X6, HMD Juga Bakal Rilis X5 dan X7?
Artikel Selanjutnya
HMD Pertimbangkan Rilis Nokia X6 di Luar Tiongkok