Sukses

Nintendo Pastikan Mario Kart Melenggang ke Smartphone

Liputan6.com, Tokyo - Nintendo memastikan akan kembali merilis gim untuk perangkat mobile. Tak tanggung-tanggung, raksasa gaming asal Jepang itu bersiap memboyong salah satu judul gim kenamaannya, yakni [Mario Kart](3021784 "").

Dikutip dari Polygon, Jumat (2/2/2018), Nintendo baru saja mengumumkan akan merilis Mario Kart Tour sebagai gim mobile terbarunya. Informasi itu diumumkan langsung melalui akun Twitter resmi Nintendo Amerika.

"Aplikasi mobile baru sedang dalam pengembangan. Mario Kart Tour! Rilis pada tahun fiskal selanjutnya yang habis pada Maret 2019," tulis akun @NintendoAmerica.

Meski tak ada informasi detail, tahun fiskal berikutnya dimulai dari April 2018, sehingga jadwal rilis gim ini diprediksi akan dilakukan setidaknya dalam satu tahun ke depan.

Mario Kart Tour sendiri akan menjadi gim kelima yang dikembangkan Nintendo untuk smartphone. Sebelumnya, perusahaan sudah merilis Super Mario Run, Fire Emblem Heroes, Animal Crossing: Pocket Camp dan Miitomo.

Sekadar informasi, rencana Nintendo untuk memboyong gim balapan ini memang sudah terdengar sejak 2015. Rencana itu sempat diungkap oleh Presiden Nintendo, Satoru Iwata pada presentasi laporan finansial perusahaan untuk 2015.

Ketika itu, Iwata menjelaskan soal rencana Nintendo untuk merilis gim mobile dengan menempatkan Konno dalam tim. Konno merupakan sosok yang dikenal selalu menggarap Mario Kart sejak Mario Kart DS.

Hal itu yang membuat banyak pihak memperkirakan Mario Kart sudah menjadi bagian rencana perusahaan. Karena itu, tak heran jika akhirnya Nintendo mengumumkan kehadiran gim ini untuk perangkat mobile

1 dari 3 halaman

Nintendo Resmi Tutup Layanan Miitomo

Kepastian Super Mario Tour hadir di smartphone ini dilakukan tak lama setelah Nintendo mengumumkan akan menutup layanan Miitomo, gim mobile perdananya. Dikutip dari CNET, kelangsungan gim akan resmi berakhir pada 9 Mei 2018.

Nintendo juga sudah mengumumkan sejumlah hal penting terkait berakhirnya layanan dari Miitomo. Pengembang asal Jepang itu memastikan setelah 9 Mei 2018, seluruh fitur di dalam aplikasi tak akan berfungsi.

Selain itu, item yang sudah didapatkan dalam permain, seperti pakaian, wallpaper, atau poster tak dapat digunakan. Pemain dapat memindahkan karakter Mii-nya ke akun Nintendo yang terhubung dengan Miitomo, tapi hal itu tak berlaku untuk informasi lain. 

2 dari 3 halaman

Nintendo Berkomitmen Rilis Gim Mobile Tiap Tahun

Dalam beberapa tahun terakhir, Nintendo memang sudah menunjukkan keseriusannya menggarap bisnis gim mobile

Perusahaan video gim asal Jepang itu pun sudah memiliki rencana meluncurkan dua atau tiga gim mobile setiap tahun. 

Hal itu diungkapkan langsung oleh Presiden Nintendo, Tatsumi Kimishima. Ia memastikan rencana Nintendo meluncurkan gim mobile setiap tahun.

Menurut Kimishima, Nintendo kini melihat area mobile sebagai pilar ketiga di bisnis perusahaan. Padahal sebelumnya, perusahaan hanya fokus pada area home dan konsol genggam.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ikutan Nintendo, Sony Bakal Luncurkan Konsol PS1 Classic Edition?
Artikel Selanjutnya
Battlefield V Dipastikan Rilis Oktober 2018