Sukses

11 Tahun Malang Melintang, Pendiri Tumblr Akhirnya Hengkang

Pendiri dan CEO Tumblr David Karp tak mengungkap alasan mengapa ia akhirnya hengkang dari perusahaan.

Liputan6.com, San Francisco - Pendiri sekaligus CEO Tumblr, David Karp mengumumkan hengkang dari perusahaan. Tercatat, Karp telah menjadi CEO selama 11 tahun sejak situs blogging tersebut didirikan. Sebagai gantinya, Chief Operation Officer (COO) Tumblr Jeff D'Onofrio akan menggantikan kemudi perusahaan.

Menurut informasi yang dilansir Engadget pada Selasa (28/11/2017), Karp tidak mengungkap alasannya mengapa pada akhirnya memutuskan untuk resign. Yang pasti, Karp telah memberi tahu timnya terkait rencana ini setelah berbulan-bulan menimbang keputusan tersebut.

Banyak yang menyangsikan kepergian Karp dari Tumblr terjadi akibat Yahoo (termasuk Tumblr) yang diakuisisi Verizon belum lama ini.

Jika memang hal tersebut benar terjadi, kemungkinan besar Karp tidak mampu beradaptasi dengan perubahan besar yang terjadi pada perusahaan setelah diakuisisi.

Tumblr sendiri kini tengah berupaya untuk mendongkrak jumlah pengguna di tengah ketatnya persaingan media sosial. Memang, bukan hal yang mudah bagi Tumblr untuk bisa merangkak naik seperti saat mereka pertama kali diluncurkan.

Apalagi, kehadiran pesaing seperti Instagram, Snapchat, dan Twitter membuat langkah Tumblr kian terseok-seok. Jika mau dikulik apa yang unik dari Tumblr, media sosial blogging ini justru berbeda dari yang lain karena memiliki konten anti mainstream bagi para pengguna hipster.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akuisisi Berlangsung pada 2013

Yahoo sendiri meminang Tumblr senilai US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp 10,7 triliun pada 2013 lalu.

Akuisisi itu tercatat sebagai nilai kesepakatan akuisisi terbesar Marissa Mayer sejak didapuk menjadi CEO pada Juli 2012 silam.

Seperti yang kita ketahui, selama satu tahun sejak Yahoo dipimpin oleh Mayer, perusahaan telah mengakuisisi sepuluh perusahaan rintisan alias startup.

Perusahaan-perusahaan rintisan itu adalah Stamped, OntheAir, Snip.it, Alike, Jybe, Summly, Astrid, GoPollGo, Milewise, dan Loki.

Kendati sudah mereka miliki, Mayer menjanjikan bahwa dia tidak akan mengubah Tumblr dan tetap akan membuat layanan ini beroperasi secara independen.

Terutama untuk posisi David Karp (26 tahun), sang pendiri Tumblr tetap akan menjadi CEO situs blogging bebas biaya tersebut, setidaknya hingga empat tahun ke depan.

Namun, janji yang tercetus kala itu tidak berjalan sesuai rencana, pasalnya sang CEO Tumblr memang benar-benar telah beranjak pergi.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.