Sukses

Comsnets Indonesia 2017 Hadirkan Para Pakar ICT Kenamaan

Konferensi ini menghadirkan para pakar di bidang ICT untuk berbagi ilmu soal teknologi dan regulasi.

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Comsnets Indonesia 2017 resmi digelar di Jakarta pada 5 dan 6 Oktober 2017. Gelaran hasil kerja sama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) dan PT Global Solusi Komunikasi (M-Solving Group) ini mendatangkan para pembicara kenamaan di bidang Information, Communication, and Technology (ICT).

Penyelenggaran acara ini tak lepas dari sarana berbagai informasi dan teknologi antarpelaku di bidang ICT. Hal itu termasuk penelitian, pengembangan, serta regulasi di ranah ICT.

"Kolaborasi KADIN dan kami dalam penyelenggaraan Comsnets Indonesia 2017 untuk mendukung keterlibatan Indonesia dalam ekonomi internasional yang kian aktif termasuk menjawab tantangan di bidang ICT," ujar perwakilan PT Global Solusi Komunikasi, Jimmy Lizardo di Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Mengawali konferensi ini, Ministry of Electronics and Information Technology India, Dr. Aja Kumar tampil sebagai pembicara dengan topik 'ICT Outlook'. Dalam pemaparannya, ia banyak menyorot soal perkembangan ICT dunia yang hadir dengan beragam isu menarik.

Pembicara lain yang juga mengisi gelaran ini adalah Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Telematika, Penyiaran dan Ristek Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA. Ia membahas inovasi teknologi yang berdampak pada pengembangan ekonomi.

Ia menuturkan, Indonesia memiliki peluang untuk menjadi raksasa ekonomi digital di Indonesia. Hal itu didukung pula dengan pengguna internet yang sudah besar ditambah infrastruktur telekomunikasi yang mulai membaik dan merata.

"Namun, hal yang lain juga perlu diperhatikan adalah pendidikan soal dunia digital. Dengan cara ini, kita dapat memperkecil kesenjangan antara masyarakat yang sudah melek dan masih belum tersentuh digital. Sebab, seperti diketahui teknologi digital memberi banyak peluang," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembicara Lain

Pembicara lain yang turut berpartisipasi adalah akademisi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M. Eng. Melalui pemaparannya, ia membahas tantangan teknologi, layanan, termasuk aplikasi di Indonesia. 

Topik lain yang juga dibahas dalam konferensi ini adalah mengenai industri Internet of things (IoT), termasuk mengenai smart city. Adapun pembicara mengenai pembahasan ini adalah Chief Scientist – TCS Innovation Labs  Dr. Jeffrey Tew dan Prof. Dr. Suhono H. Supangkat dari Institut Teknologi Bandung. 

Selain itu, ada pula pembicara dari Singapore Management University Prof. Archan Misra yang membicarakan layanan di smart city. Sementara untuk hari kedua, gelaran ini akan dibuka langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

Sekadar informasi, COMSNETS didirikan para profesional dan ahli ICT di India. Setelah satu dekade, organisasi ini berkembang menjadi COMNETS Association yang mempertemukan para pakar di sektor ICT untuk berbagi penelitian terbaru, teknologi, termasuk regulasi.

Konferensi COMSNETS di India saat ini telah menjadi konferensi paling bergengsi di bidang sistem komunikasi, jaringan, aplikasi, dan layanan. Selain di India, konferensi ini juga dilakukan di Amerika, Asia, termasuk Eropa.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.