Sukses

Makin Akurat, Google Translate Didukung Kecerdasan Buatan

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi Google Translate dipastikan makin mumpuni setelah Google membenamkan teknologi berbasis kecerdasan buatan pada layanan penerjemah online tersebut.

Teknologi bernama Neural Machine Translation (NMT) itu pertama kali diperkenalkan pada November tahun lalu. Kini, teknologi tersebut telah hadir untuk Google Translate versi Bahasa Indonesia dan bisa dinikmati pengguna di Tanah Air.

Kehadiran teknologi NMT di Google Translate untuk bahasa Indonesia tak lepas dari riset yang telah dilakukan Google. Raksasa internet itu menemukan ada lima preferensi pengguna Indonesia saat memakai penerjemah online antara lain mudah digunakan, cepat, bekerja antarperangkat, punya fitur audio playback untuk mengetahui cara pengucapan, dan tata bahasa.

"Karena itu, Google Translate untuk bahasa Indonesia kini dibekali pula dengan teknologi NMT. Dengan teknologi ini, hasil terjemahan dapat mendekati penerjemah manusia," ujar Macduff Hughes, Engineering Director Google Translate saat berbincang dengan awak media melalui video conference di Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Hal itu dimungkinkan karena Google Translate tak lagi menerjemahkan sebuah kalimat secara kata per kata. Dengan memanfaatkan sistem neural, sistem penerjemah dapat mengerti sebuah kalimat secara utuh, termasuk mengartikannya sesuai tata bahasa dan gender.

"Dengan begitu, terjemahan yang dihasilkan Translate kini lebih baik dan alami," ujarnya melanjutkan. Saat ini, teknologi NMT dapat digunakan untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Indonesia, dan juga sebaliknya.

Selain Indonesia, teknologi ini sudah disematkan pada 40 bahasa lain, seperti Korea, Jepang, Mandarin, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Rusia. Namun untuk sekarang, teknologi ini masih ditujukan untuk menerjemahkan dari Bahasa Inggris ke bahasa lain yang sudah mendukung, dan berlaku pula sebaliknya.

Pembaruan ini sudah bisa digunakan di Google Translate, yang tersedia melalui aplikasi Android dan iOS, termasuk versi desktop (translate.google.com), dan fitur penerjemah otomatis di Google Chrome

(Dam/Cas)