Sukses

5 Hal Ini Bakal Terjadi Andai Internet Tak Pernah Ada

Liputan6.com, Jakarta - Situs internet pertama kalinya diperkenalkan ke publik 25 tahun lalu. Situs ini menjadi bagian dari proyek World Wide Web yang diprakarsai Tim Berners-Lee.

Pada 23 Agustus 1991, situs yang akrab disebut web dikunjungi perdana oleh para pengunjungnya. Sejak itulah, situs mulai dipakai sebagai alat informasi oleh banyak orang.

Pernahkah terbayang apa jadinya kita tanpa internet? Mungkinkah hidup kita makin nyaman dan mudah atau justru tidak maju ya?

Mengutip laman Tunaiku, Senin (6/2/2017), berikut ini hal-hal yang akan kamu alami tanpa kemunculan internet.

1. Komunikasi Hanya Sebatas Telepon dan SMS
Kemajuan teknologi telah menuntun pada hadirnya sejumlah aplikasi messenger seperti BBM, Line, WhatsApp, dan lain-lain. Tak hanya berkirim pesan, aplikasi messenger di atas memungkinkan kamu untuk mengirim teks, suara, foto, hingga video. Ongkosnya pun lebih murah dibandingkan kamu menelepon seseorang atau berkirim SMS.

Saat berkirim pesan, pengguna dibanderol Rp 100-300 untuk sekali kirim pesan. Percakapan dalam sekali kirim pesan pun dibatasi hanya 140 karakter. Jadi, terbayangkan absennya internet bakal membuat kamu lebih boros dalam membeli pulsa.

2. Tak Bisa Belanja Online
Salah satu manfaat internet adalah memudahkan orang saat berbelanja. Ya, karena kini makin banyak situs belanja online atau e-Commerce yang menjual pakaian, alat make up, dan lain-lain. Bayangkan kalau teknologi internet tak pernah ada.

Kamu harus pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli barang-barang yang kamu inginkan. Selain itu, istilah sista-sista online shop pun tak akan terkenal seperti sekarang.

3. Tak Bisa Berjualan Online
Gara-gara internet tak ada, kamu yang hobi berjualan tak bisa berjualan online. Padahal, salah satu manfaat berjualan online adalah murahnya pemasaran di dunia maya. Belum lagi barang yang kamu jual bisa dipasarkan di luar area kamu berada.

Namun tanpa adanya internet, kamu harus memasarkan dagangan secara langsung. Caranya ya dengan membuka warung sendiri atau dititipkan ke toko orang lain. Tentunya hal ini kurang efektif dan efisien bukan?

4. Tak Bisa Pesan Transportasi atau Hotel Secara Online
Manfaat internet untuk kehidupan sangatlah luas, salah satunya adalah untuk memesan jasa transportasi atau penginapan saat keadaan mendesak.

Misalnya saja kamu harus datang ke sebuah wawancara kerja tapi sopir angkot sedang mogok beroperasi. Adanya internet memungkinkan kamu untuk memesan ojek dari aplikasi. Jika internet tak pernah diperkenalkan, rasanya memesan ojek secara online tak akan bisa dilakukan.

5. Tidak Bisa Menyelidiki Sesuatu
Salah satu dampak lain jika internet tak pernah tercipta adalah kamu tak bisa bertemu pasangan melalui media sosial. Komunikasi saat menjalin hubungan pun hanya bisa dilakukan melalui telepon, SMS, atau bahkan surat.

Selain itu, kamu juga tak bisa mencari tahu mengenai kehidupan mantan pacar saat hubunganmu kandas. Pasti sangat membosankan bukan?

Tunaiku juga berpesan, internet bakal membawa banyak manfaat asal dipakai secara bijak. Salah satunya kamu bisa lebih hemat pulsa hingga menambah penghasilan melalui jualan online. Jangan gunakan internet untuk hal-hal yang merugikan diri sendiri serta tetap waspada saat menggunakan internet ya.

(Tin/Cas)

Loading