Sukses

LG G5 Jadi Ponsel Paling Mudah Diperbaiki di 2016

Komponen modular diklaim membuat LG G5 paling mudah diperbaiki. Selain G5, apa lagi ponsel yang paling mudah diperbaiki di tahun ini?

Liputan6.com, San Francisco - LG G5 dinobatkan menjadi ponsel yang paling mudah diperbaiki sepanjang 2016. Artinya, ponsel flagship besutan vendor asal Korea Selatan itu tidak memiliki kendala servis yang serius.

Adalah iFixit yang merilis daftar ponsel dengan tingkat perbaikan dari paling mudah hingga sulit. Seperti dilansir Android Community, Senin (26/12/2016), LG G5 menduduki peringkat pertama kategori ponsel yang paling mudah diperbaiki sepanjang 2016.

iFixit mencatat, LG G5 memiliki skor yang sangat mengesankan dalam hal perbaikan: 8 dari 10. Menurut para analis iFixit, wajar saja LG G5 bisa mendapatkan skor baik, mengingat ponsel tersebut mengusung konsep modular.

Jadi, ketika memperbaiki komponen yang rusak, tidak perlu repot karena tinggal membongkar pasang bagian mana yang ingin diperbaiki.

“Ponsel modular itu mudah diperbaiki. Makanya LG G5 jadi ponsel yang paling mudah diperbaiki tahun ini. Ponsel non modular itu komponennya ditempel dengan material lem atau glass chasis. Kalau membongkar harus pelan-pelan, jika salah maka risiko kerusakannya cukup besar,” kata iFixit.

Setelah LG G5, Google Pixel dan Pixel XL menduduki peringkat kedua ponsel yang paling mudah diperbaiki, disusul iPhone 7 dan iPhone SE.

Sayang, ponsel andalan Samsung: Galaxy Note 7, Galaxy S7 dan S7 Edge menduduki peringkat terakhir, yang artinya ketiga ponsel tersebut memiliki tingkat kesulitan perbaikan yang cukup tinggi.

Berikut daftar lengkap ponsel yang paling mudah hingga paling sulit diperbaiki di 2016:

  • LG G5 (8/10)
  • Google Pixel dan Pixel XL (7/10)
  • iPhone 7 (7)
  • iPhone SE (6/10)
  • Samsung Galaxy Note 7 (4/10)
  • Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge (3/10)

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini