Sukses

Tantang iMac, Microsoft Perkenalkan Surface Studio

Surface Studio merupakan komputer all-in-one yang diklaim menjadi penantang iMac. Seperti apa wujudnya?

Liputan6.com, New York - iMac memang menjadi komputer 'idaman' para desainer dan ilustrator. Bahkan, hingga saat ini komputer buatan Apple tersebut belum ada pesaing langsung.

Namun Apple sepertinya harus siap bersaing di lini perangkat komputernya. Sebab Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran komputer yang disebut menjadi penantang iMac, yaitu Surface Studio.

Wujud desain dan konsep tak jauh berbeda dengan iMac: all-in-one, berlayar besar dan memiliki bodi ringkas nan minimalis dengan ketebalan 12,5 mm saja.

Panos Panay, Corporate VP of Devices Microsoft, mengatakan bahwa kehadiran Surface Studio mengubah cara konsumen (khususnya dari kalangan profesi visual artist) memproduksi, menciptakan dan belajar.

"Surface Studio memang tampak familiar, namun hadir dengan rasa yang berbeda," kata Panay saat keynote peluncuran Surface Studio di event Microsoft yang diadakan di New York, Kamis (27/10/2016).

Panay juga mengklaim, Surface Studio memiliki layar terbaik. Berbalut bahan aluminium, layar Surface Studio memiliki ukuran 28 inci dengan output 13,5 juta piksel. "63 persen lebih tajam dari televisi 4K. Sangat cocok bagi para pelaku desain grafis," lanjutnya.

Lebih lanjut diungkap, layar Surface Studio yang juga berfungsi sebagai touchscreen ini mendukung resolusi 4.500x3.000 piksel dengan rasio 3:2. Sedangkan tingkat kerapatan pikselnya mencapai 192 ppi (pixel per inch) dengan dukungan multitouch hingga 10 titik sentuhan.


Selain itu, layar komputer ini juga bisa diatur dengan sudut hingga 20 derajat. Dengan begitu, pengguna bisa menggambar dengan luwes dan nyaman.

Untuk mengoptimalkan pengalaman menggambar dan mendesain, Surface Studio pun bisa dihubungkan dengan beberapa aksesori resmi Microsoft seperti Surface Pen dan Surface Dial.
Microsoft kelak mempersiapkan tiga varian Surface Studio, ketiganya hadir dalam spesifikasi yang berbeda. Sedangkan prosesornya disebut akan menggunakan generasi keenam dari Intel Core i5 dan i7.

Untuk kapasitas penyimpanan, Microsoft menawarkan kapasitas 1TB atau 2 TB. Adapun untuk RAM, setidaknya tiga varian yang Microsoft tawarkan, mulai dari 8GB, 16GB atau 32GB.

Sementara, kartu grafis Surface Studio akan terdiri dari GeForce GTX 965M 2 GB (versi i5) atau GTX 980M 4 GB (versi i7), seperti yang kutip dari laman The Verge, Jumat (28/10/2016).

Untuk ketersediaan, Surface Studio sementara hanya akan dijual di wilayah Amerika Serikat terlebih dahulu. Sedangkan harganya dibanderol mulai dari Rp 39 jutaan.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.