Sukses

Sinyal Smartphone Bermasalah? Ini 5 Cara Mudah Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Sinyal jaringan seluler yang tiba-tiba putus saat sedang berbicara, atau tak ada sinyal saat akan melakukan panggilan dapat menjadi hal yang menyebalkan. Terlebih saat ada keperluan penting, hal itu akan sangat mengganggu.

Ada beberapa hal yang menyebabkan masalah itu terjadi, seperti layanan operator yang terganggu atau wilayah yang kurang baik. Namun sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah yang kerap muncul tersebut. 

Karena itu terlepas dari apapun penyebabnya, berikut ini lima cara mudah mengatasi sinyal smartphone yang kerap naik-turun, seperti dikutip dari laman Make us Of, Rabu (14/9/2016). 

1. Restart smartphone

Mematikan lalu menyalakan kembali smartphone dapat menjadi jawaban untuk semua masalah, tak terkecuali ketika sinyal ponsel lemot. 

Lewat cara ini, ponsel akan mencari menara sinyal lain yang akan dihubungi, sehingga kemungkinan akan mencari menara yang memiliki sinyal lebih kuat. 

Kegiatan screenshot biasanya dilakukan ketika ada sesuatu yang menarik di layar smartphone kita.
Cara serupa juga dapat dilakukan dengan mengaktifkan modus pesawat, tapi cara itu terkadang tak menyelesaikan masalah lain yang mungkin ada di ponselmu.

2. Isi daya smartphone

Ketika baterai ponsel dalam kondisi lemah, kemungkinan ponsel akan berubah ke modus penghematan daya secara otomatis. Kondisi itu membuat energi yang dikeluarkan untuk mentransmisikan sinyal akan lebih sedikit.

Untuk itu, mengisi daya baterai dapat menjadi jawaban atas masalah tersebut. Jika tak memungkinkan mengisi daya saat itu juga, matikan semua fitur hemat daya yang berakibat menguras daya baterai lebih cepat.

1 dari 2 halaman

Pindah Lokasi

3. Berpindah ke lokasi yang lebih baik

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi sinyal yang kerap bermasalah adalah dengan memeriksa ponsel dan lokasi kamu berada. Ketahui terlebih dulu letak antena di ponsel, dan pastikan tak menutupinya ketika akan berkomunikasi.

Terkadang pengguna tak mengetahui posisi antena di ponselnya, sehingga kualitas jaringan yang didapatnya tak begitu baik.

Cara lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan berpindah tempat. Ketika sinyal bermasalah, coba cari lokasi yang memungkinkan kamu mendapat sinyal lebih baik dan pastikan lokasi tersebut tak memiliki halangan fisik.

4. Pilih operator yang paling sesuai

Terkadang masalah bukan berasal dari ponselmu, tapi ada di operator yang digunakan. Hal itu dimungkinkan sebab operator yang digunakan mungkin tak memiliki jaringan yang baik di sekitar wilayahmu.
Banyak orang yang kecanduan smartphone, bahkan ketika sebelum tidur pun sempat mengecek smartphone.
Karena itu, pastikan terlebih dulu dengan orang lain yang memiliki operator serupa dan berbeda. Setelah itu, ketika menemukan operator yang lebih sesuai, kamu dapat langsung menggantinya. 

Namun sebelum itu, pastikan juga dengan operator terkait apakah ada kemungkinan daerah tersebut memang tengah mengalami masalah jaringan.

5. Gunakan komponen tambahan

Ketika sinyal yang didapat kerap bermasalah dan posisi kamu jauh dari menara jaringan, cara lain yang dapat dilakukan adalah memakai perangkat tambahan. Kamu bisa memakai komponen tambahan atau aplikasi dari pihak ketiga.

Namun sebelum memakai komponen tambahan, pastikan telah mengetahui aturan yang berlaku. Sebab, penggunaan komponen tambahan penguat sinyal telah diatur dalam undang-undang. 

(Dam/Isk)