Sukses

Opera VPN Android Hadir di Indonesia, Pengguna Dapat Jaga Privasi

Opera VPN kini resmi mendarat di Indonesia bagi pengguna Android. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan kapasitas data tak terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi Opera VPN kini resmi mendarat di Indonesia bagi pengguna Android. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan kapasitas data tak terbatas.

Dalam keterangan resmi yang kami terima, aplikasi ini dibekali sejumlah kelebihan yaitu meningkatkan privasi pengguna dalam berinternet; menghilangkan cookies pelacak iklan; memudahkan pengguna dalam mengakses lebih banyak konten di Internet; memperluas jangkauan geografis aplikasi; serta menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi).

"Aplikasi Opera VPN untuk Android berbeda dari aplikasi VPN lain dengan menawarkan layanan gratis tanpa batas penggunaan data, log-in, fitur perlindungan Wi-Fi canggih, dan tanpa perlu berlangganan," ujar Chris Houston, President of SurfEasy, Divisi VPN Opera.

Kemudian, Chris juga memaparkan bahwa Opera VPN dilengkapi dengan fitur keamanan. Dengan fitur ini, keamanan pengguna ketika berada di jaringan Wi-Fi Publik diklaim akan lebih terjaga.

"Kami telah memasang Olaf, maskot kami, seorang Viking di aplikasi ini. Kenapa Viking? karena bangsa Viking tidak mengenal batasan dan mereka sama sekali tidak takut akan Wi-Fi publik. Aplikasi Opera VPN juga bisa menjadi penjaga para pengguna ponsel untuk perlindungan diri virtual," tutur Chris.

Opera VPN untuk Android

Uji Wi-Fi untuk meningkatkan privasi online
Secara umum, mekanisme kerja alat uji Wi-Fi pada Opera VPN dalam memindai jaringan Wi-Fi untuk memeriksa apakah jaringan tersebut milik umum atau pribadi, apakah jaringan tersebut dienkripsi, dan berapa banyak perangkat lain yang memakai sambungan yang sama.

Selain itu alat ini mampu mengetahui apakah alamat IP dan lokasi pengguna akan terpampang, dan apakah orang lain dapat memantau atau mengintip detail dari perangkat milik pengguna. Bila alat uji tersebut mendeteksi kelemahan, pengguna akan disarankan untuk mengaktifkan VPN.

Alat uji ini akan memberikan skor, mulai dari A, yang berarti jaringan aman, hingga F, yang berarti jaringan tidak aman dan pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan jaringan tersebut.

Dukungan bahasa
Opera VPN untuk Android tersedia secara global dalam bahasa Inggris, Arab, Perancis, Jerman, Indonesia, Jepang, Portugis, Rusia, Polandia dan Spanyol.

Lokasi virtual
Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih server dari lima lokasi: Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura dan Belanda.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini