Sukses

Keren, Tato Ini Bisa Terkoneksi dengan Smartphone

Liputan6.com, Cambridge - Selama ini, tato memiliki fungsi sebagai hiasan di kulit dan memiliki nilai seni tersendiri. Siapa sangka, tato bisa menjadi alat kontrol bagi perangkat mobile.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Tech Crunch, Jumat (10/8/2016), tim peneliti MIT Media Lab di Cambridge, Amerikas Serikat menciptakan sebuah produk terbaru bernama DuoSkin. Mereka bekerja sama dengan Microsoft Research untuk mengubah tato temporer menjadi interface yang terhubung dengan smartphone atau komputer.

Tak hanya itu, tato ini juga bisa menampilkan output suhu tubuh serta mengirimkan data ke perangkat lain melalui NFC.

Mahasiswa MIT Media Lab Cindy Hsin-Liu Kao menjelaskan awal mula proyek ini. Kao menyebut, tato logam yang menyerupai perhiasan itu kini sedang menjadi tren. Selain itu, harganya pun cukup murah serta bisa diubah sesuai keinginan.

Tiap perubahan bentuk juga bisa memiliki kemampuan fungsional berbeda-beda. Seperti di Taiwan yang lekat dengan kosmetik dan street fashion, tim DuoSkin ingin memberikan hal yang sama, bedanya kali ini tato diberi sentuhan teknologi. Sebagai hasilnya, tim merancang suatu hal yang tak mahal tetapi mudah diatur oleh semua orang.

Untuk konduktor, tim menggunakan daun berwarna emas, serupa dengan yang biasa ditemukan pada makanan. Ada pula bahan seperti cutter vinyl serta kertas cetakan tato temporer.

"Kamu dapat menggunakan perangkat lunak grafis sesuai dengan keinginanmu. Kemudian penuhi desain tersebut dengan cutter vinyl serta taruh lapisan daun emas di bagian atas. Mirip dengan pada tato temporer," kata Kao.

Menurut tim peneliti, tato tersebut dapat digunakan tiga hal, yakni sebagai trackpad atau virtual control untuk mengatur volume pada smartphone atau perangkat lainnya.

Tato juga bisa menampilkan output yang sesuai dengan perubahan suhu tubuh si pemakai. Ketiga, tato tersebut bisa juga berisi data yang mampu dibaca perangkat lainnya.

Sebelumnya, startup bernama Inkbox telah melakukan hal serupa dengan membuat tato temporer yang bisa terkoneksi dengan smartphone dan perangkat wearable lainnya. 

(Tin/Isk)