Sukses

Simak 4 Smartphone dengan Konsep Modular

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel dengan konsep modular tampaknya menjadi tren baru perangkat mobile di masa mendatang.

Perlu Anda ketahui, ponsel modular adalah ponsel yang komponennya dapat dibongkar-pasang. Beberapa body part yang dapat diganti-ganti misalnya saja kamera atau baterai.

Perusahaan teknologi besar, seperti Google dan LG, kini sudah mulai melirik konsep ini. Namun, LG telah mencuri start lebih dulu dengan memamerkan LG G5 di gelaran Consumer Electronics Show (CES) beberapa waktu lalu. 

Nah, berikut ini 4 smartphone modular yang perlu Anda ketahui, sebagaimana dikutip tim Tekno Liputan6.com dari CNET, Rabu (6/7/2016). 

1. Google Project Ara
Informasi soal Project Ara, proyek pengembangan ponsel modular milik Google, telah lama beredar luas. Namun, tampaknya pengembangan Project Ara menemui kebuntuan.

(Doc: Google)
Kabar baiknya, perusahaan telah menjanjikan penjualan versi edisi anyar ponsel Project Ara untuk para pengembang pada tahun ini. Sementara, pengapalan untuk consumer direncanakan pada 2017.

Meski belum ada informasi resmi terkait spesifikasi, banyak pihak meyakini bahwa nama "Ara" berarti "truly modular" atau "sangat modular".

2. Moto Z dan Z Force 

(Doc: Wired)
Ponsel flagship Motorola terakhir, Moto Z dan Z Force, memiliki bodi yang sangat tipis. Namun, ketipisan ini bukan tanpa alasan/ Bagian bodi belakang memilliki pin magnetik yang dapat menempelkan/menambatkan aksesori tambahan, misalnya baterai. 

Namun, ada aksesori tambahan lainnya yang dapat ditempelkan untuk menjadi menghasilkan sebuah fitur, seperti speaker dan image projector.

2 dari 2 halaman

LG G5 dan Fairphone

3. LG G5
Ponsel dengan layar 5,3 inci ini memiliki spesifikasi prosesor Snapdragon 820 dan dua kamera beresolusi 16MP dan 8MP dengan wide-angle. G5 juga memiliki baterai yang dapat digonta-ganti dengan mencabut baterai yang terletak di bagian bawah ponsel.  

Pada slot tersebut, Anda dapat menggantinya dengan aksesori lain, seperti camera grip audio converter.

Doc: CNET
4. Fairphone
Meski nama Fairphone tak sepopuler vendor-vendor teknologi di atas, ponsel ini sudah memulai debutnya lebih dulu pada 2013 silam. Sekarang perusahaan tengah menyiapkan flagship yang kedua.

(Doc: Techcygus)
Kali ini, perusahaan menekankan edukasi kepada orang-orang dan pabrikan yang layak. Namun, yang membuatnya unik adalah ponsel ini dapat membongkar ponsel ini sendiri sehingga mereka dapat memperbaiki dan menambah komponen lain. 

Fairphone 2 memiliki spesifikasi prosesor Snapdragon 801, kamera 8MP, dan berjalan di sistem operasi Android Lollipop.

(Cas)

Loading