Sukses

Asyik, Cari Lirik Lagu di Google Makin Mudah

Google bekerja sama dengan LyricFind untuk menampilkan lirik lagu yang dicari pengguna ke laman awal pencarian

Liputan6.com, Jakarta - Google terus menambah beragam fitur baru di mesin pencarinya. Kali ini, Google menjawab kebutuhan para pencari lirik di internet dengan menampilkan sebagian besar lirik yang dicari langsung di halaman atas pencarian.

Hal itu dimungkinkan sebab Google telah melakukan kerja sama dengan perusahaan asal Toronto, LyricFind. Lewat kerja sama yang tak diungkapkan nilainya itu, Google disebut dapat memberi dampak besar pada industri musik. 

CEO dan Co-Founder LyricFind, Darryl Ballantyne menuturkan langkah Google ini akan menghasilkan aliran pendapatan yang signifikan bagi penerbit dan penulis lagu.

"Saya belum bisa menghitung besarnya, tapi kami memperkirakan jutaan dolar terkumpul untuk penerbit dan penulis lagu hasil dari kerja sama ini", ujar Ballantyne, seperti dikutip dari laman Business Insider, Kamis (30/6/2016).

Menurutnya, hal itu mungkin sebab penghitungan pendapatan berdasarkan penggunaan. Royalti dibayar berdasarkan jumlah orang yang melihat sebuah lirik. Jadi, makin besar sebuah lirik dilihat makin besar penerbit dibayar.

LyricFind sendiri merupakan layanan online yang menaungi lebih dari 4 ribu penerbit musik dan sudah menerbitkan lisensi layanan di 1.000 negara.

Selain menampilkan sebagain besar isi dari sebuah lirik lagu, hasil pencarian juga memberikan tautan ke seluruh lirik dan opsi untuk membeli atau streaming lagu di layanan Google Play. Namun, untuk dua pilihan terakhir hanya tersedia di wilayah Amerika Serikat.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.



(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini