Sukses

Ini Sepeda Lipat Elektrik Terbaru dari Xiaomi

Sepeda lipat elektrik dengan beragam fitur ini rencananya dipasarkan dengan harga sekitar Rp 6,1 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi disebut kian serius untuk memperkokoh identitasnya sebagai perusahaan teknologi--tak sekadar ponsel.

Hal itu diperlihatkan lewat beragam perangkat pintar, seperti penyaring udara, rice cooker, dan ketel sudah dirilis pada beberapa bulan terakhir. Kali ini perusahaan asal Tiongkok tersebut merilis sepeda lipat elektrik.

Sepeda lipat bernama Mi QiCycle Electric Folding Bike ini memiliki bentuk seperti sepeda lipat pada umumnya, tapi dengan beragam kelengkapan fitur.

Dikutip dari laman The Verge, Senin (27/6/2016), sepeda ini mampu berjalan selama 45 menit dalam satu kali pengisian daya.

Sama seperti perangkat pintar lainnya, sepeda ini juga dilengkapi dengan aplikasi tambahan untuk memantau penggunanya. Lewat aplikasi khusus, pengguna dapat mengetahui jarak, kecepatan, lokasi GPS, serta kalori yang terbakar ketika memakai Mi QiCycle.

Tak hanya aplikasi, sepeda ini juga didukung sistem three-speed gear dari Shimano dan dilengkapi lampu penerangan di bagian depan dan belakang.

Stang Mi QiCycle juga dilengkapi layar kecil yang menampilkan informasi kecepatan, waktu, jarak, dan kapasitas baterai.  Pengguna sepeda berbobot 14,5 kg ini juga dapat mengubah modus pemakaian tergantung kebutuhan.

Mi QiCycle sendiri dibanderol dengan harga 2.999 yuan atau sekitar Rp 6,1 juta. Hanya, belum dapat dipastikan apakah sepeda ini akan dipasarkan secara global.

Sebelumnya, perusahaan tersebut juga pernah memperkenalkan sepeda pintar bernama QiCycle R1 pada Maret lalu. Namun, Xiaomi tak menggarap langsung sepeda pintar yang dibanderol dengan harga US$ 3.000 (Rp 39 jutaan) tersebut.

Sepeda itu dikembangkan oleh perusahaan startup yang mendapat investasi Xiaomi, yakni iRiding.

Cara yang sama juga dilakukan Xiaomi ketika mengumumkan segway mini bernama Ninebot pada tahun lalu. Perusahaan itu berinvestasi di salah perusahaan Tiongkok bernama Ninebot yang telah mengakuisisi Segway.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini