Sukses

Qlue Mudahkan Warga Jakarta Lapor Masalah di Era Digital

Berbagai masalah terhadap fasilitas umum di lingkungan sekitar pun makin cepat ditanggapi setelah dilaporkan melalui aplikasi Qlue.

Liputan6.com, Jakarta - Lihat ada jalanan berlubang di dekat rumah Anda? Atau menemukan tindakan tak bertanggung jawab seperti membuang sampah sembarangan, parkir liar hingga penyalahgunaan trotoar?

Jika tidak tahu harus melapor kemana, kini Anda dapat melaporkan berbagai masalah di atas atau yang Anda temui lewat aplikasi Qlue.

Qlue merupakan aplikasi media sosial yang menawarkan sebuah fitur untuk membantu masyarakat dapat berkomunikasi dengan pemerintah atau swasta yang memiliki kepentingan publik. 

Setelah beberapa waktu lalu Qlue mengumumkan update terbaru di akhir Maret 2016, kali ini Qlue tampilkan fitur baru, yakni memberikan saran atau kritik tidak hanya ke pemerintah, tetapi juga ke perusahaan swasta yang terkait.

Penggunaan aplikasi ini untuk pelaporan masalah pun cukup mudah dilakukan. Anda cukup mengambil foto masalah yang ditemui, tentukan kategori, dan masukkan judul laporan dan penjelasan tentang laporan yang dibuat.

Laporkan kondisi sarana dan prilaku tak bertanggung jawab lewat Qlue. (Liputan6.com/Yuslianson)
Nantinya, Anda akan melihat tahap laporan status yang sudah Anda buat mulai dari masih menunggu proses (bulat merah), sedang diproses (bulat kuning), dan sudah selesai (bulat hijau) lengkap dengan foto terbaru.

Berawal dari situs web, Qlue saat ini sudah bisa Anda unduh ke perangkat iOS dan Android. Jadi, tunggu apalagi? Saatnya Anda mulai ikut andil dalam membuat Jakarta menjadi kota yang lebih baik, aman dan tertata.

(Ysl/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.