Sukses

Usia Smartphone Xperia X Cuma sampai 2018?

Liputan6.com, Jakarta - Sony dikabarkan hanya akan fokus pada seri X sebagai seri smartphone besutannya hingga kurang lebih tiga tahun mendatang. Kabar ini pertama kali diketahui dari pengumuman sebuah media Tiongkok beberapa waktu lalu.

Informasi ini jelas kian menegaskan tak akan ada seri lain yang dirilis oleh Sony, setidaknya sampai 2018 mendatang. Seri lain yang lebih dulu muncul seperti Z, C, M, dan E dapat dipastikan tak akan muncul di daftar smartphone Sony dalam waktu dekat.

Dikutip dari laman Slash Gear, Selasa (17/5/2016), langkah ini merupakan upaya Sony untuk me-rebranding merek Xperia yang telah lama dikenal. Perusahaan asal Jepang itu disebut ingin membuat merek Xperia dikenal tak sekadar sebagai seri smartphone.

Saat ini, seri Xperia sendiri telah menjadi bagian dari beberapa produk lain yang tengah dikembangkan oleh Sony seperti kamera, proyektor, termasuk sebuah robot.

Selain itu, keputusan ini disebut semakin menegaskan posisi Sony di tengah pertumbuhan pasar Internet of Things yang semakin berkembang.

Lantas, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah kelanjutan seri smartphone Sony yang sudah lebih dikenal itu. Apalagi, masing-masing seri tersebut telah menyasar pengguna yang berbeda-beda.

Sony sampai saat ini belum berkomentar mengenai kepastian kabar tersebut. Namun, beberapa analis memperkirakan keputusan ini merupakan langkah Sony untuk mengurangi produksi, atau sekadar mengubah keseluruhan nama seri smartphone-nya menjadi seri X.

Seri X pertama kali diperkenalkan pada gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016 yang berlangsung Februari lalu. Ada tiga smartphone yang masuk dalam jajaran seri X, yakni Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA.

Informasi mengenai spesifikasi ketiga smartphone itu memang belum banyak diketahui. Namun, Sony mengumumkan Xperia X dan XA menggunakan chipset Snapdragon 650 dan Xperia X Performance memakai Snapdragon 820 khas smartphone kelas premium lainnya.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.