Sukses

Keyboard Ajaib ala Google Meluncur di Perangkat iOS

Liputan6.com, Mountain View - Google baru saja merilis aplikasi yang siap menghiasi keyboard perangkat iOS Anda. Keyboard bernama "Gboard" ini dirilis pada Kamis, 12 Mei 2016 lalu secara ekslusif untuk iPhone dan iPad.

Gboard dirancang untuk mengintegrasikan teknologi pencarian yang dimiliki Google pada perangkat iOS lewat keyboard secara langsung.

Menurut tim pengembang Gboard, keyboard telah menjadi bagian penting pada sistem operasi mobile. Ia bisa diakses dari berbagai aplikasi dan dapat mengumpulkan data personal penggunanya.

Oleh karena itu, hadirlah keyboard 'ajaib' yang memudahkan pengguna iOS mengetuk (tap) ikon Google dan memunculkan laman pencarian Google di keyboard iOS.

Salah satu fitur utama yang diperkenalkan adalah kehadiran fitur Search di keyboard. Sebagai contoh, saat Anda ingin mengirimkan alamat ke lawan bicara, Anda tak perlu lagi copy-paste alamat dari laman pencarian Google.

Cukup ketuk ikon Google, laman pencarian pun langsung muncul di keyboard Anda.



Di samping itu, fitur lainnya adalah pencarian emoji dan GIF, serta kemampuan 'flow typing' yang menghadirkan algoritma prediksi lebih akurat dan cepat.


Apple sendiri sempat membuka kesempatan kerja sama Gboard dengan para pengembang pihak ketiga pada 2014. Namun akhirnya, mereka mengembangkan aplikasi ini secara individu dan melihat fakta bahwa banyak pengguna iOS menggunakan keyboard non-iOS.

(Jek/Why)