Sukses

Sony Bakal Rilis Smartphone Pertama yang Usung Layar HDR?

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun ini, Sony resmi memperkenalkan jajaran terbaru smartphone seri X, antara lain Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA. Seri itu disebut-sebut akan menggantikan jajaran seri Z yang menyasar pasar premium.

Kabar terbaru menyebutkan perusahaan asal Jepang itu tengah bersiap merilis smartphone yang juga masuk dalam jajaran seri X, yakni Xperia X Premium. Smartphone itu diprediksi hadir sebagai suksesor Xperia Z5 Premium.

Sama seperti seri andalan sebelumnya, berdasarkan laporan PhoneRadar, Xperia X juga akan memiliki keunggulan tersendiri. Kali ini, Sony disebut memilih menghadirkan teknologi layar HDR pada seri terbaru tersebut.

Dikutip dari laman Digital Trends, Jumat (22/4/2016), jika kabar ini benar, Xperia X Premium akan menjadi smartphone pertama di dunia yang mengusung teknologi HDR di layarnya. Hal itu juga akan membuat layar Xperia X mampu menampilkan cahaya yang luar biasa terang.

Dengan fitur HDR, Xperia X Premium akan memiliki kedalaman warna sekitar 1,07 miliar warna, jauh lebih banyak ketimbang smartphone saat ini yang hanya sekitar 16,8 juta warna.

Selain itu, smartphone ini mampu mencapai kecerahan layar secara maksimal sampai dengan 1.000 dan 1.300 nit. Layar Xperia X Premium memiliki kontras sebesar 2.000:1 dan refresh rate 120Hz.

Xperia X Premium juga disebut juga akan memiliki spesifikasi layaknya smartphone kelas premium lainnya. Smartphone ini akan dibekali chipset Snapdragon 820, RAM 3GB, serta konektor USB Type-C.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai spesifikasi lain, pilihan warna yang akan disediakan, termasuk harga dan ketersediaan. Oleh karena itu, tak tertutup kemungkinan akan ada perubahan spesifikasi di kemudian hari.

Sebagai informasi, teknologi layar HDR atau high-dynamic-range memang lebih sering digunakan pada layar televisi. Layar yang mengusung teknologi HDR umumnya mampu menghasilkan reproduksi gambar yang lebih terang dan realistik.

Ini juga bukan kali pertama Sony mengusung teknologi baru pada layar smartphone-nya. Sebelumya, Xperia Z5 Premium juga sudah dibekali dengan kemampuan layar kelas wahid lewat kemampuan layar yang mendukung 4K.

(Dam/Cas)

Loading