Sukses

7 Kelebihan iPhone Dibanding Android, Dari Desain hingga Software

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone besutan Apple, iPhone, maupun smartphone Android keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Namun, para pengguna kedua perangkat tersebut pastinya memiliki alasan kuat kenapa mereka lebih memilih menggunakan suatu perangkat dibandingkan perangkat lainnya.

Hal ini terkadang membuat seseorang yang belum menentukan pilihan menjadi bingung. Tak sedikit calon konsumen yang galau memilih ingin mengunakan iPhone atau smartphone Android.

Sebagai pertimbangan, mungkin ulasan '7 keunggulan iPhone dibanding smartphone Android' ini dapat membantu Anda.

1. Desain lebih baik

Smartphone Android diproduksi oleh banyak vendor, sehingga tidak memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya menjadi ikonik. Berbeda dengan iPhone yang hanya diproduksi dan akan selalu menjadi milik Apple.
Ilustrasi. (Doc: Digital Trends)
Desain iPhone dari generasi ke generasi tidak terlalu berubah secara radikal, hanya dimensinya saja yang mulai mengikuti tren. Secara konsisten, desain iPhone mampu lebih baik dari jajaran smartphone Android.

2. Aplikasi terbaik lebih dulu hadir untuk iPhone

Meski iPhone memiliki pangsa pasar yang lebih kecil dari pada smartphone Android, namun para pengembang tampaknya lebih gemar merilis aplikasi andalan mereka lebih dulu di Apple AppStore untuk perangkat berbasis iOS. Sementara aplikasi versi Android-nya akan menyusul belakangan.

2 dari 3 halaman

Purna Jual

3. Apple Pay akan menjadi masif

Sistem pembayaran via perangkat mobile diyakini banyak pihak akan booming dalam beberapa waktu ke depan. Dan iPhone (seri terbaru) adalah smartphone pertana yang dibekali platform pembayaran digital yang dinilai cukup memuaskan.


Faktanya, Apple didukung penuh oleh sejumlah bank kenamaan dan penerbit kartu kredit kelas kakap. Sementara sistem pembayaran Android Pay baru diluncurkan Google pada September 2015 dan hingga saat ini hanya tersedia di beberapa negara.

4. Layanan purna jual terbaik

Kemana para pengguna Android harus datang jika smartphone-nya rusak? Pengguna iPhone mungkin tak perlu pusing. Mereka hanya perlu menyambangi Apple Store dan semua masalah selesai, tentunya dengan biaya perbaikan yang telah dilunasi.
Tak hanya menjual produk, Apple Store juga menjadi pusat layanan purna jual bagi para pengguna produk Apple.
Namun sebagai catatan, faktanya di Indonesia belum ada Apple Store. Jadi, silahkan putuskan sendiri poin ini patut diperhitungkan atau tidak.

5. Belum ada yang sebaik TouchID

Samsung dan HTC sudah menerapkan fitur sensor sidik jari. Namun fitur TouchID milik Apple yang tersedia di seri iPhone 5S, 6 dan 6 Plus adalah yang terbaik. Di Samsung dan HTC, sensor sidik jari tidak terlalu berguna, sementara di iPhone sangat fungsional.

TouchID bisa digunakan untuk sistem keamanan perangkat dan pembayaran via Apple Pay. TouchID juga dinilai paling akurat.

3 dari 3 halaman

Kamera dan software 

6. Kamera terbaik

Sejauh ini banyak ahli yang sepakat bahwa kamera di seri iPhone 6s adalah yang terbaik di kelas smartphone. Kamera pada Samsung Galaxy S7 atau S7 Edge memang sangat bagus, namun di seri selanjutnya (iPhone 7), Apple dirumorkan akan menyematkan kamera berkualitas DSLR.

Kamera iPhone (ubergizmo.com)

7. Update software

Hampir seluruh seri iPhone akan selalu bisa di-update ke sistem operasi terbaru. Berbeda dengan Android, jika ingin merasakan versi update terbaru, pengguna Android harus membeli smartphone baru.

(Isk/Why)